Simson-Tota Mantap Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tobasa

Pasangan Simson-Tota mendaftarkan diri ke Partai Nasdem Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) kian menunjukkan nama-nama potensial dan berkualitas.

Ini setelah sederat nama mulai menunjukkan diri. Kali ini tokoh muda dan cerdas kembali meramaikan pilihan masyarakat Tobasa di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Mereka adalah Simson Panjaitan dan Tota Manurung. Simson Panjaitan, 55 tahun, merupakan alumni salah satu universitas ternama di Indonesia, Universitas Gajah Mada (UGM), juga lulusan University of Dallas, Amerika Serikat dan sedang mempersiapkan S3 di Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Simson Panjaitan selama ini berkarya di dunia perminyakan tanah air. Bahkan, beberapa jabatan strategis di Pertamina sudah ia emban. Ini mulai dari Bagian Umum, Legal Advising, Human Resources, Risk Management dan Finance baik di hulu maupun hilir Pertamina.

Dia juga pernah bertugas di Pertamina Jakarta, Pertamina EP Libya Ltd (PEPL) di Afrika, hingga menjabat sebagai Direktur Keuangan di kantor Pertamina Singapura. Saat ini, dirinya juga tercatat sebagai akademisi dan menjadi Wakil Rektor Universitas Pertamina, Jakarta.

Sementara Tota Manurung, 41 tahun, adalah seorang dokter alumni Universitas Sumatera Utara (USU). Tokoh muda yang merupakan putra asli Tobasa ini kerap dianggap kontroversi karena sering melayangkan kritik kepada pemerintah meski dia adalah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Karakternya yang tegas bahkan membuatnya dipercaya TB Silalahi, untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Yayasan Soposurung (Yasop) Balige. Yayasan yang bergerak di dunia pendidikan itu digagas dan didirikan TB Silalahi untuk menempah putra-putri terbaik Tobasa. Tota Manurung juga merupakan alumni dari Yasop.

Simson-Tota adalah 2 nama yang dipertemukan oleh kesamaan ideologi dan cita-cita, bahkan telah menyampaikan tag line ‘Tobasa Tapauli Gabe Horas’, dengan visi menuju Tobasa Mantap (Mandiri, Aman, Nyaman, Transparan, Adil dan Pasti).

Simson-Tota bahkan telah mendaftarkan diri ke beberapa partai politik (parpol), Jumat (18/10/2019) untuk mendapat dukungan menuju Pilkada Tobasa. Beberapa partai itu adalah Nasdem, Perindo dan PKB.

“Sebagai bentuk keseriusan untuk membangun Tobasa, kita sudah mendaftarkan diri ke beberapa parpol. Kita berharap, mendapat dukungan dari parpol untuk turut maju pada Pilkada mendatang di Tobasa,” kata Simson kepada wartawan.

Sementara Tota mengatakan, Tobasa butuh perubahan, utamanya di tubuh pemerintah. “Reformasi birokrasi salah satu hal yang sangat urgent (penting). Ini penting untuk perubahan menuju Tobasa yang lebih baik,” sebutnya. (asri)