SMPN 12 Siantar Raih Adiwiyata Provinsi, Ini Harapan Kepsek

Kepsek SMPN 12 Kota Siantar, Walman Sihombing berjabat tangan dengan Gubsu Edy Rahmayadi saat menerima penghargaan Adiwiyata.

Siantar, Lintangnews.com | SMP Negeri 12 Kota Siantar beralamat di Jalan Sibolga, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan raih Adiwiyata Provinsi Sumatera utara, Senin (28/1/2019).

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 12, Walman Sihombing saat dihubungi melalui telepon seluler yang mengaku berada di kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Disampaikan Walman, Adiwiyata Provinsi itu diserahkan langsung oleh Gubsu, Edy Rahmayadi. “Pak Gubernur berpesan supaya masyarakat Sumut lebih mencintai lingkungan demi masa depan anak cucu kita kedepannya,” ucap Walman.

Ditanya target untuk Adiwiyata Nasional dan Mandiri, Walman mengatakan kedepan sudah menargetkannya dan saat ini persiapannya sendiri sudah ada menuju ke sana.

“Untuk Adiwiyata Mandiri masih belum, karena Nasional dulu kita baru menuju Mandiri, tapi target ke sana sudah ada dan 2 tahun ini akan berbenah untuk meraih itu semua,” ujarnya.

Diketahui, Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup demi cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata terbukti menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung, dan mewujudkan sumber daya di sekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan.

Salah satu tujuan Adiwiyata adalah menjadikan tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar. (elisbet)