STQH ke 16 Tingkat Sumut Berakhir, Ini Pemenangnya

Gubsu Edy Rahmayadi, Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan bersama para pemenang STQH dan Dewan Juri.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menutup secara resmi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke 16 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang berlangsung di Kota Tebingtinggi mulai tanggal 9-14 April di Lapangan Merdeka.

Kafilah Kota Medan keluar sebagai juara umum. Selanjutnya diikuti kafilah Kota Tebingtinggi, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Kota Binjai.

Penutupan STQH diawali dengan penurunan bendera STQH oleh Paskibraka Kota Tebingtinggi pada Minggu (14/4/2019) malam.

Gubsu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Tebingtinggi yang sudah menyelenggarakan acara yang selama ini hanya dilakukan di Kota Medan. Dan baru kali ini keluar dari Kota Medan.

“Saya bangga melihatnya, bukan hanya konser-konser dangdut, rock dan sebagainya yang dihadiri orang-orang yang sebanyak ini. Berarti hati dan akhlak kita Insya Allah masih dengan tuntunan yaitu Rasulullah Muhammad SAW. Ini menunjukkan bahwa kita masih beriman,” sebut Edy Rahmayadi.

Kepada semua pihak terkait, Gubsu berharap agar kegiatan ini ditindaklanjuti dan dievaluasi. Ini termasuk mencarikan pelatih-pelatih yang terbaik untuk menyiapkan bahwa Sumut adalah bermartabat. “Karena tak akan pernah mengatakan Sumut  Bermartabat, kalau kitab sucinya saja tidak bisa membawa Sumut tampil di depan,” paparnya.

Sementara Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan atas nama masyarakat Tebingtinggi dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Gubsu dengan pelaksanaan STQH yang pertama kali keluar dari Kota Medan.

“Insya Allah Tebingtinggi yang membukanya dan kedepan STQH ini bisa berlanjut ke Kabupaten/Kota lainnya,” sebut Wali Kota.

Lanjutnya, ini suatu kehormatan bagi Tebingtinggi. Dan sesuai dengan mandat yang sudah ditandatangani Gubsu, jika Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Provinsi ke 37 tahun 2020, Tebingtinggi siap untuk menjadi tuan rumah.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara, Fuad Helmi Lubis memberikan penghargaan setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Gubsu atas perhatian dan dukungan terhadap kifrah pengembangan Tilawatil Qur’an.

“Kami juga ucapkan terima kasih khususnya pada Wali Kota yang sudah bersusah payah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk STQH yang berjalan dengan semarak dan berhasil,” paparnya. (purba)