Sukseskan Pemilu 2019, Disdukcapil Rekam Warga Binaan Lapas Tebingtinggi 

Proses perekaman e-KTP bagi WBP Lapas Tebingtinggi yang dilakukan Disdukcapil Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, Kota Tebingtinggi dilakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tebingtinggi dan Serdangbedagai (Sergai), Kamis (17/1/2019).

Kegiatan perekaman yang berlangsung  di Aula Lapas Tebingtinggi itu turut dihadiri pihak Disdukcapil Sumut, Yanuarlin dan Mhd Najib, Kadis Dukcapil Sergai Fitriadi, Disdukcapil Tebingtinggi, Mulia Arief didampingi Kalapas Theo Adrianus Purba dan anggota Bawaslu Tebingtinggi, Harirayani.

Theo Purba mengutarakan, dilakukannya perekaman e-KTP ini atas koordinasi dengan Disdukcapil dan KPUD untuk menjamin hak politik WBP dapat digunakan pada Pemilu 2019 nanti.

“Ada sekitar 1.546 orang WBP dan yang sudah terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih 392 orang,” ucapnya.

Dengan dilakukannya perekaman ini akan menambah partisipasi dalam menyalurkan hak pilih WBP. Diketahui di Lapas Tebingtinggi ada 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Theo Purba juga menjelaskan, untuk warga Tebingtinggi ada terdata sebanyak 401 orang. Yang sudah terekam e-KTP sebanyak 253 orang dan 148 orang WBP yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sedangkan untuk WBP Sergai ada sekitar 712 orang yang belum terekam.

Sementara itu, Harirayani mengatakan, dalam perekaman e-KTP untuk data pemilih, Bawaslu tetap melakukan pengawasan guna memastikan menjaga hak pilih masyarakat baik itu di WBP.

“Kita tetap awasi proses perekaman ini untuk memastikan hak pilih di Pemilu 2019,” ungkapnya. (purba)