Sungai Bah Bolon Ingin Dijadikan Sebagai Destinasi Wisata di Siantar 

Sejumlah pimpinan awak media di Siantar bersama Kabag Humas Pemko Siantar, Hamam Sholeh saat mencoba arung jeram beberapa waktu lalu

Siantar, Lintangnews.com Komunitas Peduli Sungai Bah Bolon (KPSB) menginginkan Sungai Bah Bolon menjadi destinasi wisata di Kota Siantar.

“KPSB memiliki mimpi, menjadikan Sungai Bah Bolon sebagai destinasi wisata alam di Siantar. Kita yakin, Sungai Bah Bolon memiliki nilai jual yang sangat tinggi sebagai tujuan wisata,” ucap Sekretaris KPSB Andi Sinaga, Kamis  (29/3/2019).

Seperti diketahui, KPSB adalah kumpulan anak muda pecinta alam yang menyiasati sejumlah objek wisata. Seperti, Bukit Indah Simarjarung (BIS), air terjun Jambuara di Kecamatan Tanah Jawa dan wisata arung jeram Bah Kuo di Kabupaten Simalungun. Komunotas ini juga turut andil dalam mengembangkan wisata di Kabupaten Samosir.

Andi menambahkan, pihaknya berhasil menghadirkan wisatawan ke air terjun Jambuara, BIS dan Kabupaten Samosir. Turut berkreasi di Bah Damanik Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Saat ini, KPSB telah memanfaatkan aliran Sungai Bah Bolon Kota Siantar menjadi sarana olah raga arung jeram, dan membangun permainan flying fox.

Menurut Andi, untuk menjadikan Sungai Bah Bolon sebagai destinasi wisata alam di Kota Pematangsiantar dibutuhkan kesadaran tinggi dari masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bah Bolon.

“Kita berharap tidak membuang sampah atau limbah ke sungai. Sebab, tidak ada wisatawan yang mau berlama-lama di sungai, jika sungainya kotor dan bau. Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar,” ujarnya.

Disampaikannya, kedepan KPSB berencana membangun taman selfi di kawasan delta yang berada di Jalan MH Sitorus, Kecamatan Siantar Barat. Membangun bumi perkemahan, jalur tracking (joging track) pejalan kaki, fasilitas olahraga bola voli sungai, lokasi out bond dan lainnya.

“Untuk mewujudkan mimpi itu, KPSB membutuhkan biaya sebesar Rp 500 juta,” tutupnya. (elisbet)