Susanti Apresiasi Kunjungan Kerja Pemkab Sleman ke Pemko Siantar

Rombongan Pemkab Sleman berkunjung ke Galeri Dekranasda Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani mengapresiasi kunjungan Pemkab Sleman.

Kedatangan rombongan Pemkab Sleman disambut Susanti diwakili Asisten Administrasi Umum Setdako Pemko Siantar, Pardamean Silaen di kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rabu (23/11/2022).

Kunjungan Pemkab Sleman itu terkait peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pardamean menyampaikan, peningkatan kapasitas bagi PPID harus terus dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan informasi publik, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan bertanggung jawab.

Sehingga peningkatan kapasitas bagi PPID sebagai garda terdepan sangat dibutuhkan agar dapat melayani permintaan informasi dengan sebaik-baiknya.

Menurut Wali Kota, Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah menyebabkan paradigma mengenai keterbukaan informasi publik juga mengalami pergeseran.

Keterbukaan informasi publik ini merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.

“PPID ini lah yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mengelola dan memberikan pelayanan informasi publik,” sebut Susanti dalam sambutan tertulisnya.

Dia berharap, silaturahmi antara Pemkab Sleman dengan Pemko Pematang Siantar dapat terus terjalin. Sehingga kedua daerah bisa lebih baik kedepan. Sehingga bisa turut mempercepat terwujudnya Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemko Siantar,Johannes Sihombing mengucapkan selamat datang kepada Pemkab Sleman di Siantar. Johannes mengaku, bangga atas kunjungan tersebut.

Menurut Johannes, PPID di Pemko Siantar sudah ada regulasi dan sinkronisasi dengan para Organisasi Pimpinan Daerah (OPD).

Sejauh ini, lanjutnya, publikasi media dengan informasi dan dokumentasi dari Dinas Kominfo telah berjalan dengan baik.

Johannes berharap, kunjungan tersebut menjadi momen untuk berbagi dan saling belajar bagi Pemkab Sleman dan Pemko Siantar.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, HY Aji Wulantara mengharapkan kunjungan mereka ke Pemko Siantar menjadi wahana sharing informasi dalam pengelolaan PPID.

“Dalam kunjungan ini kami membawa 30 orang PPID dari total 46 OPD di Kabupaten Sleman,” katanya.

Diterangkan, sesuai amanat Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008, Pemkab Sleman telah membentuk PPID sebagai pengelola dan penyampai dokumen. Tujuannya, diharapkan memudahkan penyampaian permohonan informasi melalui pelayanan satu pintu.

“Setiap PPID memiliki tugas melakukan penghimpunan, penataan, dan penyimpanan informasi publik, uji konsekuensi informasi publik, dan penyelesaian sengketa pelayanan informasi,” jelas Aji.

Acara dilanjutkan dengan saling memberikan cenderamata antara Pemkab Sleman dan Pemko Siantar.

Kemudian, pemaparan oleh Kepala Bidang (Kabid) Layanan Komunikasi Dinas Kominfo Pemko Siantar, Agresa Afandi. Dilanjutkan diskusi dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Selanjutnya, rombongan Pemkab Sleman berkunjung ke Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka dan Tugu Becak.

Turut hadir, pimpinan Dinas Kominfo Pemkab Sleman, Eka Suryo Prihantoro dan Sekretaris Dinas kominfo Pemko Siantar, Julham Situmorang. (Elisbet)