Syahputri Hutabarat Dikukuhkan Sebagai Duta Baca Kota Siantar

Ketua Tim Penggerak PKK Siantar, Syahputri Hutabarat bersama Wakil Wali Kota Togar Sitorus serta Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Neslianita Sinaga.

Siantar, Lintangnews.com | Ketua Tim Penggerak PKK Kota Siantar, Syahputri Hutabarat dikukuhkan sebagai Duta Baca Kota Siantar periode 2018-2022 oleh Wakil Wali Kota Togar Sitorus.

Pengukuhan Duta Baca dilakukan dalam rangka peringatan Hari Buku, yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka, Kamis (22/11/2018).

Syahputri Hutabarat yang juga istri Wali Kota Hefriansyah itu dikenal menaruh perhatian tinggi terhadap anak-anak usia dini di Siantar ini menekankan untuk bersama-sama menumbuh kembangkan minat baca sejak dini. Sehingga anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat.

“Mari kita membaca dan kenalkan buku sejak dini pada anak. Kita sebagai orang tua sesibuk apapun harus peduli terhadap anak, karena membaca merupakan kunci untuk membuka wawasan dan kunci perkembangan anak kita,” ucap Syahputri.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota yang dibacakan Togar Sitorus mengatakan, berdasarkan statistik dari berbagai sumber bahwa minat baca masyarakat Indonesia khususnya di Siantar masih tergolong sangat rendah.

Menurut Wali Kota, sudah banyak inovasi yang dilakukan, akan tetapi kurangnya budaya baca yang dimiliki masyarakat yang tergantikan teknologi digital menyebabkan minat baca masyarakat menjadi rendah.

“Kita lihat kondisi sekarang ini perubahan terjadi begitu cepat, khususnya dalam bidang teknologi dan informasi, kita dituntut untuk terus membaca. Baik membaca dalam arti yang sesungguhnya ataupun membaca dalam makna mengamati keadaan sekitar. Membaca dalam makna yang sebenarnya untuk zaman sekarang ini memang terlihat praktis, karena dapat melalui teknologi digital yang sekarang ini hampir dimiliki semua orang,” sebut Wakil Walikota.

Hanya dengan menggunakan perangkat tersebut, lanjut Togar, Pemko Siantar dapat memantau dan membaca hampir sebagian informasi yang ada.

“Sehingga kita semakin dengan mudah mengikuti perkembangan informasi yang semakin cepat. Namun sayangnya, ternyata kegiatan membaca ini masih saja dianggap sebagai salah satu hal sepele yang menjenuhkan meski sebenarnya membaca benar-benar memiliki banyak manfaat,” ungkap Togar.

Selain itu Togar juga mengatakan, mungkin dari sebagian besar pernah mendengar bahwa buku adalah jendela dunia dan dengan membaca buku bisa menjelajah dunia.

“Dan memang pepatah tersebut bukan hanya sekedar omong kosong belaka. Karena jika kita mau meneliti, hampir semua orang yang ahli dalam bidang tertentu pastinya mereka semua memiliki kegemaran membaca. Hal ini karena dengan membaca maka mereka akan mengetahui banyak ilmu pengetahuan dan informasi yang banyak dan tanpa batas, atau tak perlu jauh-jauh ketika ada seseorang yang berprestasi di sekitar kita pasti mereka memiliki intensitas membaca yang jauh lebih banyak daripada orang lain,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, lanjutnya, ternyata membaca juga memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan dengan membaca ternyata juga bisa menghilangkan stres.

Togar menuturkan, banyak orang sepele dengan membaca, karena menurut mereka membaca merupakan hal yang menjenuhkan. Namun, pada kenyataannya membaca memiliki banyak sekali manfaat dan penting untuk semua orang.

Sebelumnya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Neslianita Sinaga menuturkan, tujuan kegiatan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca pada masyaratkat khususnya anak-anak, pelajar dan pemuda di Siantar.

Termasuk menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap buku, serta memheri wadah aktualisasi diri untuk mengembangkan kreasi dan bakat anak-anak, pelajar dan pemuda di Siantar. (rel)