Tahun 2022 Tebingtinggi Fokus Sukseskan Program Strategis Nasional, Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Pembukaan Musrenbang RKPD tahun 2022.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Kota Tebingtinggi di Balai Kartini Baru, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan itu dihadiri Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov Sumatera Utara mewakili Gubernur, Rita Tavip Megawati, Ketua DPRD, Basyaruddin Nasution, Kajari, Mustaqpirin, Kapolres, AKBP Agus Sugiyarso, Kasdim Kodim 0204/DS, Mayor Inf Toto Riyanto mewakili Dandim, Kepala OPD, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam sambutannya, Umar Zunaidi menuturkan, ini adalah Musrenbang tahun terakhir dari pada RPJM Tebingtinggi tahun 2017-2022. Menurutnya, di 3 tahun terakhir, dimulai tahun 2020 hingga 2022, ada satu kejadian luar biasa, terjadi musibah bencana non alam yaitu pandemi Covid-19.

“Akibatnya, banyak terjadi pergesera -pergeseran biaya yang kita fokuskan untuk mencapai target, bergeser menanggulangi pandemi Covid-19. Dengan adanya pandemi Covid-19, postur APBD mengalami perubahan signifikan. Kalau dulu APBD 84 persen dari pusat dan 16 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sekarang transfer pusat tinggal 80 persen, bukan karena kuat PAD kita, tetapi digunakan anggarannya untuk penanganan Covid-19,” ucap Wali Kota.

Dia juga menjelaskan, penganggaran saat ini memperhatikan momen menjelang Pemilu serentak nantinya. Pemerintah pusat sudah menyampaikan agar pemerintah daerah menyusun program kegiatan menjelang Pemilu berikut dengan penganggarannya.

Wali Kota juga mengatakan, tahun 2024 semua program startegi nasional akan selesai. Terkait hal itu, Umar Zunaidi memastikan bahwa usulan program pengendalian sungai sudah diusulkan agar menjadi program nasional.

Dalam rangka pemulihan ekonomi, Wali Kota menjelaskan, upaya-upaya dalam rangka membangkitkan ekonomi terus digalakkan, terkhusus Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tebingtinggi melalui upaya digitalisasi.

Basyaruddin Nasution dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi pada Pemko Tebingtinggi yang sudah melaksanakan rangkaian kegiatan Musrenbang dari tingkat bawah sampai kota dan seluruhnya melibatkan DPRD.

“Ada perhatian kegiatan kita semua. Pertama, pelayanan kesehatan masyarakat. Kedua, memperhatikan jaringan pengaman sosial. Ketiga, memperhatikan kesediaan pangan di masyarakat. Ini harus menjadi fokus perhatian kita masing – masing, khususnya Tebingtinggi,” ucapnya.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Biro Sosial dan Kesra, Rita Tavip mengapresiasi atas terselenggaranya Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2022 di Tebingtinggi.

“Perumusan Musrenbang ini memiliki makna sangat penting dan strategis. Sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022 yang telah disusun, mempunyai peran dan fungsi strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah,” paparnya.

Pertama, merupakan penajaman dari visi dan misi. Kedua, secara formal menjadi landasan penyusunan APBD oleh kepala daerah dan disepakati bersama dengan DPRD.

“Ketiga, secara operasional memuat anggaran untuk meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat dalam melaksnakan tugas dan fungsi, yang akan ditetapkan kepala daerah masing-masing. Keempat, secara faktual menjadi instrumen untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,” tutup Rita.

Musrenbang resmi dibuka dengan ditandai penekanan tombol secara bersama-sama. (Purba)