Tangani Kasus Korupsi, Polres Tapsel Selamatkan Uang Negara Rp 1,5 Miliar Lebih

Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj menyerahkan piagam penghargaan kepada personil yang berprestasi.

Tapanuli Selatan, Lintangnews.com | Sepanjang tahun 2020 Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reskrim telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 1.518.779.642.

Ini berasal dari sejumlah penanganan tindak pidana korupsi di wilayah hukum (wilkum) Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel dan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Hal itu diungkapkan Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj didampingi Kasat Reskrim, AKP Paulus Rober Gorby Pembina dan Kanit Tipikor, Iptu Said Rum Fadilla Harahap usai penyerahan piagam penghargaan kepada personil yang berprestasi di halaman apel Polres Tapsel, Jalan Sisingamangaraja, Kota Padang Sidimpuan, Senin (18/1/2021).

“Pada tahun 2020, Polres Tapsel melalui Unit Tipikor Sat Reskrim menerima laporan polisi terkait kasus tindak pidana korupsi dan tahap penyidikannya sudah P21 (lengkap),” ujar Kapolres.

Disebutkan AKBP Roman, pihaknya akan terus menindak tegas pelaku korupsi yang merugikan masyarakat dan keuangan negara tanpa pandang bulu. Karena hal ini merupakan wujud komitmen dari Polres Tapsel dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara.

“Ini sudah menjadi komitmen Polri untuk menghapus budaya korupsi. Program pemberantasan korupsi merupakan salah satu kasus yang menjadi atensi Polri, selain kasus-kasus lainnya. Sehingga dalam hal penanganan korupsi, saya tekankan kepada anggota untuk tidak main-main dalam menangani kasus tersebut, “ katanya.

Berkaitan dengan pelaksanaan pemberian reward kepada personil berprestasi, Kapolres juga berharap, agar bertugas sesuai tupoksi dan memiliki tanggungjawab.

Kemudian, di tengah pandemi Covid-19, para personil juga tetap melaksanakan tugas pelayanan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Untuk tahun ini agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di wilkum Polres Tapsel,” ujarnya. (SS)