Tarik Minat Wisatawan, Disparbud Toba Gelar Tobasa Fashion Show Festival

Brosur pelaksanaan Tobasa Fashion Show Festival.

Toba, Lintangnews.com | Pemkab Toba melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menyelenggarakan perlombaan busana etnik Batak yang disebut Tobasa Fashion Show Festival.

Ini dalam upaya peningkatan wisatawan dan menjaring minat anak-anak dan kawula muda agar lebih mencintai budaya Batak, khususnya busana etnik Batak dengan motif ulos sehingga mendunia.

Melalui festival ini, seiring ditetapkannya Kabupaten Toba menjadi kawasan strategis pariwisata, Disparbud terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat betapa kayanya busana etnik Batak.

Hal yang lebih menarik dalam festival ini adalah dibukanya untuk umum. Bisa diikuti dari luar Kabupaten Toba dari berbagai suku. Dalam artian tidak dibatasi untuk suku Batak saja, agar busana Batak lebih eksis bagi seluruh kalangan.

Salah seorang pendaftar, Erika Nova Sianturi merasa dan tertarik dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Disparbud Toba.

“Dengan ini, kami kawula muda dapat mengembangkan bakat dalam peningkatan budaya Batak Toba, karena Pemkab Toba telah memberikan wadah pada kita,” terang perempuan berstatus mahasiswi ini, Senin (12/10/2020).

Menurut Patar Silalahi selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Pelestarian Disparbud Toba, kegiatan ini disambut antusias oleh peserta, bahkan dari luar daerah seperti, Medan, Binjai dan Padang Sidempuan. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 12 Oktober 2020 dan sudah ratusan orang peserta yang telah mendaftar.

“Kita semakin antusias nantinya budaya Batak, kedepannya semakin lestari di tangan generasi muda. Sebab kita sudah memberikan wadah untuk mengembangkan bakatnya dalam berkreasi, khususnya dalam kreasi busana etnik Batak bermotif ulos,” kata Patar.

Ditambahkan Patar, semakin banyak oirang mencintai busana etnik Batak, dengan motif ulos Batak akan meningkatkan ekonomi pelaku usaha fashion berbahan ulos itu.

Ada pun acara yang akan digelar nantinya mulai dari pendaftaran hingga final, akan selalu menerapkan anjuran sesuai protokol kesehatan, dengan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba. (Asri)

Ini videonya: