Tenaga Ahli Ikut Kunjungan Bupati ke Jakarta, Ini Pendapat Fraksi di DPRD Simalungun

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berkunjung ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi didampingi Tenaga Ahli, Alber Sinaga (nomor tiga dari kiri ke kanan).

Simalungun, Lintangnews.com | Ikut sertanya oknum Tenaga Ahli, Albert Sinaga pada kunjungan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta, Rabu (3/11/2021) mendapat tanggapan.

“Status dari pada Albert Sinaga sebelum Surat Keputusan (SK) nya dicabut, dia masih Tenaga Ahli daripada Bupati,” ucap Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik, Kamis (4/11/2021).

Lanjut Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPRD ini, pihaknya sudah menyampaikan pada pemandangan umum agar pengangkatan Tenaga Ahli dicabut SK.

“Kita sudah menyampaikan dalam pandangan umum beberapa Fraksi agar SK terhadap pengangkatan beberapa Tenaga Ahli dicabut segera,” imbuhnya.

Ini termasuk tidak melibatkan anggaran terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Tenaga Ahli, serta akan memminta diproses hukum.

“Tidak boleh, kita akan minta diproses hukum jika itu terjadi. Karena kita dari Fraksi sudah menolak terhadap keberadaan Tenaga Ahli,” tegasnya.

Lanjut Bernhard, ketika mempergunakan anggaran itu, maka artinya akan ditanggung sendiri akibatnya.

Disinggung para Tenaga Bupati masih menggunakan fasilitas aset daerah, seperti kendaraan dinas dan pengelolaan aset daerah lainnya, Bernhard meminta dicabut. “Kalau pun mau melibatkan orang itu silahkan biaya sendiri,” tegasnya

Disinggung juga jika Bupati tetap tidak mengindahkan penolakan beberapa Fraksi di DPRD Simalungun atas keberadaan Tenaga Ahli tersebut.

“Silahkan saja dan kita akan sampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) nantinya bahwa ada kesalahan yang dilakukan oleh Bupati. Karena sudah dilakukan penolakan oleh DPRD,” tukas Bernhard Damanik.

Sebelumnya, Rabu (3/11/2021) diketahui Albert Sinaga turut serta pada kunjungan Bupati, RHS ke Kemendesa PDTT di Jakarta.

Pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkab Simalungun menyatakan, Kemendesa PDTT akan mengucurkan anggaran pembangunan infrastruktur dan Desa Wisata.

Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendesa PDTT, Sugito menerima kunjungan Bupati RHS berserta rombongannya. (Zai)