Tepat di Hari Pahlawan, Pengurus SMSI Taput Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Pelantikan pengurus SMSI Taput.

Taput, Lintangnews.com | Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Utara secara resmi melantik pengurus SMSI Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) periode 2021-2026, Rabu (10/11/2021) di Gedung Sopo Partungkoan, Tarutung.

Proses pelantikan dilakukan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dan Pataka dari Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung bersama Sekretaris, Erris Julietta Napitupulu, didampingi Penasehat, Rony Purba, Wakil Ketua, Agus S Lubis, dan Ariadi kepada Ketua SMSI Taput, Jan Piter Simorangkir, Sekretaris Rinto Aritonang, serta 33 orang awak media online di Taput.

Pelantikan dihadiri pembina SMSI Taput, di antaranya Bupati, Nikson Nababan, Kapolres, AKBP Ronald Sipayung dan Kajari Tarutung. Penasehat, Pdt Nelson Siregar, Ketua MUI Taput, Syamsul Pandiangan, Pdt Donald Sinaga, Sabungan Parapat, Sasmito Angkasa, Martua Situmorang dan Leonardo Simanjuntak.

Ini dirangkai dengan pembicara sebagai narasumber Bupati dengan topik ‘Sasaran Pembangunan Tapanuli Utara’, Bishop Gepkin, Pdt Donald Pieter Sinaga dengan topik ‘Pers di Tengah Religius’ dan Dimpos Manalu dari Akademisi dengan topik ‘Pers dan Politik Bermartabat ‘.

Zulfikar Tanjung menjelaska,n SMSI lahir di Banten pada 7 Maret 2017 dan telah menjadi Konstituen Dewan Pers pada 29 Mei 2020. Dia berharap, pengurus SMSI Taput yang dilantik agar tetap solid dan bersinergi dengan masyarakat luas dan pemerintah.

“Termasuk mengibarkan bendera organisasi ini di Taput agar dicintai masyarakat,” sebutnya.

Sementara Bupati Taput dalam programnya mengatakan, di masa kepemimpinannya, fokus melakukan pembangunan di Taput dimulai dari Desa dengan meningkatkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 60 juta per Desa sejak tahun 2016.

“Hal ini saya lakukan, karena kalau Desa kuat, otomatis kota juga akan berkembang,” ucap Nikson.

Selain itu, kata Bupati Nikson, pemerintah juga fokus pada pembangunan infrastruktur, pemberian bantuan alsintan dan bibit unggul kepada petani, serta penyuluh pertanian. Di sektor kesehatan, Bupati merencanakan di RSUD Tarutung akan dibangun ruang khusus penyakit berbahaya dan menempatkan sejumlah dokter spesialis.

Bupati juga meminta dukungan kepada para media pentingnya berdiri Universitas Negeri Umum di Taput untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena sesuai kajian, perputaran ekonomi cukup stagnan di Taput.

Sementara Jan Piter Simorangkir mengatakan, momentum pelantikan SMSI Taput hari ini bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember, akan menjadi motivasi bagi kebangkitan para jurnalis, untuk lahir menjadi pejuang-pejuang di tengah masyarakat, dalam menyampaikan kebenaran dan senantiasa berada dalam nafas kepentingan masyarakat umum.

Ia berharap, dalam konteks dukungan terhadap  tugas-tugas jurnalistik akan memunculkan keterbukan informasi dari berbagai pihak, stakeholder maupun pemerintah, yang disampaikan secara terukur dan akuratif pada masyarakat, melalui produk jurnalistik yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami sadar kondisi saat ini seringkali pers keluar dari jalur tugasnya dan berpotensi membuat keresahan atau rasa tidak nyaman, akibat perilaku sejumlah oknum yang mengatasnamakan dirinya wartawan. Melalui organisasi SMSI akan segera memasuki peradaban baru, yakni pers yang cerdas, adil, kreatif, edukatif dan profesional,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jan Piter menyerahkan 10 program kerja SMSI Taput dimulai tahun 2022 hingga 2023 pada Bupati. (Pembela)