Terima BLT, 10 KK Warga Hutatouran III Ngaku Senang dan Bangga

Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai pada warga.

Taput, Lintangnews.com | Di Desa Hutatoruan III, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berjumlah kurang lebih 111 Kepala Keluarga (KK).

Namun di masa pandemi Covid-19 (Virus Corona) ini, hampir semua warga Hutatoruan III bisa merasakan bantuan, baik itu dari Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementrian Sosial (Kemensos) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

Robert Sipahutar selaku Kepala Desa (Kades) Hutatoruan III, Kamis (4/6/2020) menjelaskan, penerima bantuan BLT yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2020 saat ini hanya berjumlah 10 KK.

“Kenapa jumlahnya hanya sedikit, ini disebabkan kebanyakan warga sebanyak 90 KK telah mendapatkan bantuan bersumber dari BST Kemensos,” ungkapnya.

Dirinya berharap, supaya bantuan ini bisa dipakai seperlunya untuk pembelian kebutuhan pokok sehari-hari di masa New Normal. Robert juga berpesan untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan masing-masing, sesuai dengan himbaun dari pemerintah dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian, Rudi Sitanggang menuturkan, jumlah penerima hanya 10 KK merupakan kebijakan dan keputusan yang sudah dilakukan Kades dan perangkatnya secara maksimal melalui musrenbang desa.

“Kiranya bantuan tunai ini bisa dipergunakan seperlunya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Mewakili penerima bantuan, DR Lumban Tobing mengatakan, mereka merasa bangga dan senang adanya BLT bersumber dari dana desa yang diberikan akibat dampak Covid -19.

“Harapan dan doa kami, agar kiranya persoalan Covid-19 bisa segera hilang dan tidak ada lagi di bumi ini. Karena ini lah yang menjadi akar masalah, sehingga terjadinya pengucuran berbagai bantuan pada masyarakat mulai dari bantuan sembako hingga bantuan uang,” paparnya.

Penyaluran BLT yang berlangsung di kantor Desa Hutatoruan III itu dihadiri Camat Tarutung, Renhard Tobing, perwakilan dari Kepolisian, TNI, pendamping desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. (Pembela)