Terima Kunker Komisi B DPRD Sumut, Ini Harapan Wabup Simalungun

Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi memberikan cenderamata pada Komisi B DPRD Sumut.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati diwakili Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi menerima kunjungan kerja (kunker) Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Kamis (2/9/2021).

Dalam sambutannya, Zonny Waldi menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunker Komisi B DPRD Sumut ke Kabupaten Simalungun.

“Diharapkan kehadiran Komisi B ini dapat memberikan kemajuan untuk Simalungun,” ujarnya.

Selanjutnya, secara ringkas Wabup menjelaskan tentang topografi Simalungun. Dikatakan, Simalungun merupakan salah satu daerah terluas di Sumut dengan luas wilayah 4.386,60 Km², memiliki 32 Kecamatan, 27 Kelurahan, 386 Nagori/Desa dan 1.152.025 jiwa penduduk.

“Dari jumlah penduduk itu, 58 persen bermata pencarian dari sektor pertanian, seperti padi, jagung, ubi kayu dan sebagainya, serta pertanian holtikutura,” jelasnya.

Di sektor lain, Wabup menyampaikan, di Simalungun juga terdapat objek-objek wisata seperti wisata alam, wisata agro dan wisata rekreasi.

“Sektor wisata alam seperti Danau Toba yang menjadi kawasan destinasi pariwisata nasional super prioritas dan panjang pantai Danau Toba wilayah Simalungun 78,93 Km,” jelas Wabup, sembari berharap kepada Komis B untuk membantu perbaikan infrastuktur jalan di Simalungun, terutama jalan-jalan provinsi yang saat ini kondisi sangat memprihatinkan.

Ketua Komisi B, Dhody Thahir menyampaikan, tujuan pihaknya melakukan kunker di Simalungun untuk memberikan dukungan dalam memajukan pariwisata di daerah itu.

“Kunjungan Komisi B ke Simalungun berkonsentrasi pada pariwisata Danau Toba Parapat. Kami juga akan mengunjungi Rumah Bolon, karena ini juga sudah dikenal di seluruh Indonesia, melihat fasilitasnya, lingkungannya dan jalan menuju lokasi apakah mendukung untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Dhody.

Dia mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19, sektor pariwisata menghadapi tantang berat. “Jadi kita berikan motivasi untuk bisa bergerak kembali. Mudah-mudahan Covid-19 ini akan berakhir tidak lama lagi,” sebutnya.

Tampak hadir mendampingi Wabup antara lain, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan dan Kesra Akmal H Siregar, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Albert R Saragih, mewakili Kadis Pariwisata Zufanuddin Dalimunthe, Kabag Perekonomian, Juliana R Saragih, Sekretaris BPKAD, Eva Tambunan dan undangan terbatas itu menerapkan protokol kesehatan (prokes). (Rel/Zai)