Ternyata Festival Cara Jitu Menarik Minat Kunjungan Wisata ke Tobasa

Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Hasil survei grafik perkembangan kunjungan wisata yang datang untuk menikmati keindahan alam dan keindahan Danau Toba di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), ternyata lebih banyak dikunjungi wisata luar maupun lokal.

Ini terjadi saat Pemkab Tobasa melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) maupun pihak swasta melakukan suatu festival maupun event.

Data yang didapat dari Disparbud Tobasa melalui Sekretaris, Eva Mauren menyampaikan, beberapa kegiatan yang dilakukan pemerintah maupun pihak swasta mampu mendongkrak minat wisatawan untuk datang ke Tobasa.

“Tahun lalu 2017 lalu, Kabupaten Tobasa telah menarik jumlah wisatawan sejak bulan Januari sampai Desember, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk wisatawan macanegara sebanyak 12.121 jiwa pengunjung dan wisatawan lokal (nusantara) mencapai 729.445 jiwa,” jelas Eva.

Ditambahkan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Audi Murphy Sitorus, pihaknya akan terus meningkatkan kunjungan wisata di Tobasa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui sektor pariwisata.

Meskipun agak terlambat, seperti biasa setiap tahunnya digelar Pesta Rakyat yang disebut Karnaval akan digelar pada 27 Oktober 2018. Sementara event International Xtreme Adventure ditanggal 13- 20 Oktober 2018 ini.

“Kita berharap dengan diselenggarakannya kedua event itu dapat menyedot kunjungan wisata lokal maupun wisata luar(mancanegara), sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tobasa. Pelaku wisata dan masyarakat sekitar, juga kita ajak mari bersama-sama menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat maupun dunia luar, termasuk awak media,” sebut Audi, Selasa (2/10/2018). (asri)