Tiba di Rumdis Wali Kota Siantar, Gubsu Disambut ‘Pedang’ Langgatan Gajah Putih

Gubsu, Edy Rahmayadi didampingi Wali Kota Siantar, Hefriansyah disambut Tor-Tor Dihar Podang Pangalo-aloan.

Siantar, Lintangnews.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja (kunker) selama 2 hari ke Kota Siantar, yakni pada Rabu (3/7/2019) dan Kamis (4/7/2019).

Rabu (3/7/2019) sekira pukul 10.15 WIB, Edy Rahmayadi dan rombongan yang baru tiba di rumah dinas (rumdis) Wali Kota Siantar langsung disambut hangat Wali Kota, Hefriansyah.

Wali Kota, Hefriansyah saat menyambut kedatangan Gubsu, Edy Rahmayadi. (n70/LN)

Saat akan memasuki lokasi acara, Gubsu disambut ‘Pedang’ Kembar terbuat dari kayu yang dipegang dua pria Sanggar atau Langgatan Gajah Putih yang membawakan Tor-tor Dihar Podang Pangalo-aloan.

Sambutan Tor-tor Dihar Podang Pangalo-aloan dilakukan dengan harapan agar kegiatan Gubsu dapat berjalan aman dan lancar, serta jauh dari malapetaka dan tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tarian ‘Pedang’ yang menyambut Gubsu, Edy Rahmayadi. (n70/LN)

Seperti disampaikan oleh Bram Purba, salah satu dari dua pembawa Tor-Tor Dihar Podang Pangalo-aloan yang menyambut kedatangan Gubsu dan rombongan saat akan memasuki lokasi acara di rumdis Wali Kota.

“Dahul, tor-tor itu dilakukan untuk menyambut kedatangan raja dan rombongannya, supaya semuanya berjalan aman dan lancar, serta jauh dari malapetak. Dan raja beserta rombongannya tetap dalam lindungan Tuhan,” tutur Bram yang kuliah di Universitas Negeri Medan (Unimed).

Apa yang disampaikan Bram mengenai sambutan tersebut, diamini oleh pasangannya dalam membawakan Tor-tor Dihar Podang Pangalo-aloan yang bernama Michael Girsang, seorang mahasiswa Universitas Simalungun (USI).

Michael Girsang dan Bram Purba. (n70/LN)

Sambutan tor-tor Dihar Podang Pangalo-aloan dari Sanggar atau Langgatan Gajah Putih binaan Efrin Girsang di Nagori Dolok Kecamatan Silau Kahean, dirangkai dengan tor-tor yang dibawakan 6 gadis dari dari SMIP USI dibina oleh Indra Rosari Purba. (red/LN)