Tidak Ada Galian C Milik LD di Tanjung Tongah

Pengerjaan galian C di lokasi eks HGU Kelurahan Tanjung Tongah.

Siantar, Lintangnews.com | Adanya pemberitaan mengarah ke LD yang dikatakan memiliki galian C di Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba mendapat sanggahan dari yang bersangkutan melalui Rudi Malau, Sabtu (9/3/2019).

Pihaknya menanggapi galian C seperti diberitakan jika pengerukan lahan di Tanjung Tongah itu diduga milik berinisal LD.

“Ibu Lilis tidak ada memiliki usaha galian C di sana. Lahan letak galian C itu bukan miliknya,” tegas Rudi.

Untuk mempertegas pernyataannya, Rudi mengarahkan dapat dipertanyakan kepada Lurah setempat atau masyarakat sekitar terkait kepemilikan lahan yang kini dilakukan operasi pengerukan.

  • “Bisa ditanyakan ke Lurah dan masyarakat setempat, siapa pemilik lahan dan galian C milik siapa. Jangan lah sedikit-sedikit ke ibu itu. Apa ada pesanan dari pemilik galian C sebenarnya,” pungkas Rudi.

Sementara ditanya ada penangkapan alat berat oleh Poldasu, Rudi Malau mengaku, keluarga dari LD menyatakan semua sudah tuntas usai dilakukan pemeriksaan.

“Iya benar, tapi sudah kelar, karena cerita sebenarnya sudah diketahui pihak yang berwajib,” katanya.

Diterangkan, alat berat milik LD memang ada dipinjam pakaian di Tanjung Tongah, tapi bersifat swadaya.

Menurutnya, masyarakat berniat membuang limbah tanah saat pengerukan ring road dibuang ke lahan mereka (masyarakat) sekitar tahun 2010. Saat ini, masyarakat kembali hendak membuang bekas limbah tanah yang ada, karena berniat mempergunakan lahan itu.

“Masyarakat meminta tolong pada kita, memakai alat berat untuk meratakan tanah mereka. Kita memberikannya dengan perjanjian dan tertulis secara sosial. Tidak ada untuk komersil, semua yang saya katakan juga bisa ditanyakan kepada masyarakat,” imbuh Rudi.

Dikatakan Rudi, ada pun foto yang terbitkan media bukan milik Lilis. Namun milik dari pengusaha galian C lain yang telah lama beroperasi di sana.

“Foto itu juga sudah beberapa bulan lalu. Foto alat berat itu miliknya, bukan milik ibu Lilis,” papar Rudi mengakhiri. (rel)