Tim Penggerak PKK Paluta Monitoring 5 Desa Binaan di Kecamatan Batang Onang    

Camat Batang Onang, Sofyan Arifin Hasibuan bersama pemuda-pemudi Desa Simardona.

PPadang Lawas Utara, Lintangnewscom | Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan monitoring degiatan desa binaan di Desa Batu Naggar, Kecamatan Batang Onang, Jumaat (11/12)/2020) kemarin.

Sekretaris PKK Kecamatan Batang Onang, Wahidah Hasibuan menjelaskan, ada 5 Desa yang dimonitoring TP PKK Paluta. Yakni, Desa Simardona sebagai desa binaan kategori PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja). Diharapkan Desa Simardona bisa jadi Desa Percontohan pola asuh anak dan remaja lewat inovasi para pemuda-pemudinya.

“Di Desa itu ada program, DDD (Dimulai Dari Desa) dengan 4 program unggulan, DDB (Dimulai Dari Belajar), DDM (Dimulai Dari Menabung), DDUK (Dimulai Dari Usaha Kecil) dan DDP (Dimulai Dari Perpustakaan),” ujar Wahidah.

Selanjutnya Desa Pasar Matanggor, desa binaan kategori UP2K (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga). Melalui industri Industri rumah tangga, kerajinan masyarakat Desa Pasar Matanggor diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Desa Batu Nanggar sebagai Hatinya PKK (Halaman Asri Indah Teratur dan Nyaman) dengan inovasi yang disebut Timah Penista (Tiap rumah Punya Enam Jenis Tanamanan). Lalu Desa Pagaran Batu sebagai desa binaan kategori IVA Test dan pencegahan stunting, serta Desa Janji Manahan sebagai desa binaan tertib administrasi PKK.

Sementara itu, Camat Batang Onang, Sofyan Arifin Hasibuan berharap, agar kelima desa binaan itu terus bekerja bersama seluruh kader PKK dalam hal menindaklanjuti hasil monitoring TP PKK Paluta.

“Mari kita ikuti arahan, masukan, saran atau kritik yang telah disampaikan TP PKK Paluta. Sehingga nantinya saat tahapan evaluasi, 5 desa binaan di Batang Onang dapat memperoleh hasil yang maksimal,” ucapnya, Minggu (13/12/2020).

Sofyan menambahkan, dalam hal partisipasi masyarakat yang Desa nya menjadi desa binaan pada tahun ini, dirinya merasa bangga kepada kader PKK Desa yang dengan semangat dan kebersamaan kompak mengikuti kegiatan monitoring itu. Terkhusus masyarakat Desa Batu Nanggar yang dengan tangan terbuka dapat memberikan pelayan yang sangat baik kepada seluruh tamu dan undangan. (SS)