Tim PKK Kabupaten Tobasa Monitoring PKK Binaan Kecamatan Silaen

Foto bersama dalam kunjungan PKK Tobasa di Kecamatan Silaen.

Tobasa, Lintangnews.com | Kunjungan Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) monitoring pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di desa binaan kecamatan, Selasa (2/4/2019).

Kegiatan yang dimonitoring yakni, perlombaan administrasi desa, Hatinya PKK, IVA Test dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Silaen dan Desa Napitupulu sebagai desa binaan Kecamatan Silaen, yang dipimpin Wakil Ketua, Iin Hulman Sitorus beserta Ketua Pokja I, II, III dan IV.

Iin Hulman mengatakan, kunjungan kerja ini menjalin silaturahmi anggota TP PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Dusun sebagai upaya percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat lewat program PKK.

Dirinya berharap dapat mengikuti pembinaan dengan sungguh-sungguh , sehingga dapat diterapkan di Dusun masing-masing.

“Perlunya gotong royong untuk membersihkan got-got, jalan Dusun dan Desa. Kami juga berharap ditanami daun serei di setiap Dusun dan pohon pisang sepanjang jalan protokol,” sebut Iin Hulman.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD P dan PA) Pemkab Tobasa diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Risma Sitorus mengatakan, Desa Silaen dan Desa Napitupulu sebagai desa binaan dibentuk berdasarkan keputusan Camat Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penetapan Desa Binaan Lomba Desa dalam rangka Hari Ibu dan Lomba Desa dalam Rangka HKG PKK-BBGRM Tahun 2019.

“Desa Silaen sebagai juara I Desa Tertib Administrasi PKK, Hatinya PKK dan IVA Test. Sementara Desa Napitupulu sebagai juara I Desa Program Administrasi, UP2K dan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR),” sebutnya.

Risma berharap, Desa Silaen dan Desa Napitupulu sebelum dievaluasi, supaya mempersiapkan administrasi desa, SK Surat Keputusan (SK) Badan Permusyawaratan Desa (BPD), SK Perangkat Desa, SK kelompok Dasawisma, SK Lembaga PKK, SK Karang Taruna, Peraturan Desa, foto-foto dokumentasi, SK Posyandu Ibu dan Anak dan SK Posyandu Lansia untuk dimuat dalam laporan.

“Semua bantuan yang didapat harus diadministrasikan, dan berharap dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami yang bermanfaat bagi keluarga,” harap Risma.

Menurutnya, pembinaan kepada pengurus PKK Desa bertujuan memperbaiki pengelolaan yang sudah dikerjakan dan rencana yang akan dilaksanakan. Ini melalui program PKK dalam pembangunan yang semuanya bertujuan mensejahterakan masyarakat. (asri)