Tim Supervisi PKK Sumut Kunjungi Kelurahan Percontohan di Siantar

Ketua PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah foto bersama Asisten I Leonardo Simanjuntak, Kepala Dinas Sosial Pariaman Silaen dan Tim Supervisi PKK Sumut.

Siantar, Lintangnews.com | Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengunjungi Kelurahan Percontohan binaan TP PKK Kota Siantar, Rabu (13/3/2019).

Kunjungan itu guna mengetahui progress kegiatan PKK Kota Siantar dalam melakukan pembinaan dan bimbingan serta saran terhadap Kelurahan Binaan Percontohan.

Tujuannya, memahami dan menerapkan pedoman objek penilaian. Kedatangan Tim Supervisi PKK Sumut diterima di Gedung Dharma Wanita Persatuan Kota Siantar.

Kunjungan Tim Supervisi TP PKK Sumut itu yakni, Wakil Sekretaris III, Maysarah Mutiara S Harahap, didampingi Ratna Nasution, Juliana Azhari, serta Kaniah dan Masdiatun dari Pokja II. Lalu Azhar Harahap dari Pokja III, Junita S dan Etty dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut, Lusiana Siahaan dan Vivi Oiyza dari Dinas TPH Sumut.

Kunjungan mereka disambut Ketua PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah, didampingi Asisten I Leonardo Simanjuntak mewakili Wali Kota dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Wali Kota Hefriansyah dalam sambutannya menyampaikan, Gerakan PKK yang dilaksanakan selama ini berupaya dan mempunyai tujuan mewujudkan keluarga mandiri dan sejahtera melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Melalui pembinaan Kelurahan yang dilaksanakan saat ini, diharapkan Gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan menyejahterakan setiap keluarga menuju masyarakat siantar yang lebih Mantap, Maju dan Jaya,” sebut Hefriansyah.

Sementara Ketua PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah menuturkan, pihaknya tidak pernah berhenti untuk terus belajar. Dirinya juga tidak bosan-bosannya memotivasi seluruh Ketua Tim Penggerak PKK mulai tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

“Bahkan saya membuat mereka berlomba-lomba menjadi yang terbaik, tetapi berlomba bersaing dengan secara sehat,” paparnya.

Syahputri menerangkan, Kelurahan Binaan Siantar yang ikut dalam perlombaan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara, yaitu Kelurahan Kristen Kecamatan Siantar Selatan sebagai Kelurahan Binaan Tertib Adminstrasi PKK, Kelurahan Merdeka Kecamatan Siantar Timur sebagai Kelurahan Binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan Kecamatan Siantar Martoba sebagai pelaksanaan Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA Test).

Kemudian, Kelurahan Simarimbun Kecamatan Siantar Marimbun sebagai Kelurahan Binaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kelurahan Karo Kecamatan Siantar Selatan sebagai Kelurahan Binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, dan Kelurahan Simalungun sebagai Kelurahan Binaan Pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Lalu, Kelurahan Suka Raja Kecamatan Siantar Marihat sebagai Kelurahan Binaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Kelurahan Bukit Sofa Kecamatan Siantar Sitalasari sebagai Kelurahan Pemanfaatan Lahan Pekarangan (Hatinya PKK).

Sementara itu Ketua PKK Sumut melalui Maysarah Mutiara S Harahap mengatakan, tujuan supervisi untuk pembinaan dan bimbingan serta saran terhadap Desa Binaan Percontohan, agar dapat memahami dan menerapkan pedoman objek penilaian. Sehingga perlu dilaksanakan monitoring dan evaluasi.

“Dalam pertemuan supervisi, monitoring dan evaluasi, diharapkan Kelurahan Binaan Percontohan PKK Siantar sudah siap dinilai, sehingga bisa mewakili daerah untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi maupun nasional nantinya,” sebut Maysarah. (rel)