Tingkatkan Pendataan PKH, PT TPL Bantu Peralatan Elektronik

Pihak PT TPL menyerahkan bantuan ke Dinas Sosial Pemkab Toba.

Asahan, Lintangnews.com | Petugas Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan pekerja sosial yang melakukan pendataan terhadap masyarakat yang kurang mampu, khususnay di Kabupaten Toba.

Dinilai pentingnya perangkat elektronik seperti Android, laptop dan hardisk dalam pendataan yang akurat, perusahaan yang bergerak di bidang pulp, PT Toba Plup Lestari (TPL) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Toba membantu petugas dalam mengakses data itu dengan peralatan elektronik.

Manager CD dan CSR PT TPL, Ramida Siringoringo mengatakan, petugas di setiap Kecamatan membutuhkan fasilitas dalam pengumpulan data akurat masyarakat yang memiliki ekonomi di bawah garis kemiskinan. Ini nantinya akan dikirimkan kepada pihak Kementrian terkait.

“Perusahaan memberikan peralatan elektronik seperti, handphone (HP) Android sebanyak 30 unit, eksternal hardisk 30 unit, 2 unit laptop, printer dan jaket yang akan mereka pakai saat turun ke lapangan mendata masyarakat,” sebut Ramida, Kamis (19/3/2020).

Apabila ditotalkan, seluruh bantuan anggaran yang diberikan secara materi, jumlahnya sebesar Rp 101.555.818.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Rajaipan Sinurat berharap, dengan bantuan peralatan elektronik yang diberikan PT TPLdapat meningkatkan kinerja petugas PKH dalam pendataan yang akurat.

“Sehingga tidak ada lagi kekeliruan dalam pendataan. Sebab tujuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mengentaskan keluarga miskin di Indonesia, terlebih di Toba menuju masyarakat yang sejahtera,” paparnya.

Lanjutnya, dengan peralatan yang telah diberikan, pihaknya akan bekerja lebih maksimal. Rajaipan menuturkan, Pemkab Toba, khususnya Dinsos memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih pada PT TPL yang turut peduli dengan pembangunan. (Asri)