Tingkatkan Produksi, PT TPL Bantu Warga Simare Atasi Hama Kopi

Petani kopi, Pasal Manalu saat menunjukkan perangkap serangga.

Tobasa, Lintangnews.com | Petani kopi binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) di Desa Simare, Kecamatan Bobor, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dalam menanggulangi penyakit pada tanaman kopi.

Ini seperti dikatakan salah seorang petani kopi di Desa Simare, Pasal Manalu, , Jumat (3/5/2019). Diakuinya, sejak beberapa tahun terakhir tanaman kopi mereka diserang penyakit busuk buah, sehingga hasil panen menjadi anjlok.

“Namun, setelah TPL membina kami petani, masalah hama yang menyerang buah kopi, berangsur-angsur berkurang secara signifikan. Ini setelah perangkap hama diberikan di lahan saya. Ada sekitar 16 perangkap hama,” terang Pasal.

Pasal berharap, pihak TPL mau menambahkan obat perangkap di kebun kopinya, yang mempunyai luas1,5 hektar. Tujuannya untuk percepatan penanggulangan hama (serangga) penggerek buah.

CD Officer TPL Sektor Habinsaran, Puji Lestari menuturkan, obat yang diberikan untuk penanggulangan penyakit sejenis serangga penggerek yang melubangi buah kopi merupakan obat perangkap serangga jantan.

“Obat itu seperti formula berupa aroma hormon betina mengundang serangga pejantan untuk datang. Datangnya pejantan karena mengira aroma itu betina, kemudian terjebak di perangkap yang memiliki sejenis campuran detergen. Ini menyebabkan serangga meninggal,” papar Puji.

Menurut Puji, dengan meninggalnya pejantan, maka perkembang biakan serangga penggerek buah akan semakin diperlambat, sehingga generasinya akan punah.

Diketahui petani kopi binaan TPL sejak tahun 2018 lalu, lahannya ada 8 hektar dengan 10 Kepala Keluarga (KK) di satu tempat. Para petani itu dibina pihak perusahaan untuk peningkatan hasil produksi panen, dengan penanggulangan penyakit pada tanaman kopi.

“Ada 94 orang petani yang kita bantu, dengan jumlah perangkap hama sebanyak 625 unit (pcs) dan lahan kopi seluas 25 hektar,” terang Puji. (asri).