Tinjau Pelayanan Disdukcapil, Bupati Asahan Sebut Ketersediaan 4.000 Blangko KTP 

Bupati Asahan, Surya melakukan kunjungan ke kantor Disdukcapil.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya memastikan kinerja beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap berjalan sebagaimana mestinya pasca Lebaran dan di tengah wabah Covid-19 (Virus Corona).

Untuk itu, Surya melaksanakan kunjungan ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Asahan, Kamis (27/5/2020).

“Kunjungan selain untuk memantau proses pelayanan administrasi kependudukan, yang saya harapkan tidak terganggu pasca Lebaran, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Surya.

Bupati juga menyampaikan, sesuai dengan laporan Kadisdukcapil, untuk stok Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih aman, karena baru mendapat kiriman blangko KTP sebanyak 4.000 lembar.

Kadisdukcapil, Supriyanto mengatakan, di kondisi seperti saat ini, pihaknya tetap membuka pelayanan. Itu menyesuaikan dengan instruksi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pihaknya juga melakukan pelayanan secara online.

“Dalam hal pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, Kemendagri sudah mengeluarkan prosedur dan itu lah yang diterapkan di Asahan,” kata Supriyanto.

Disebutkann, ada aturan yang mengatur proses pelayanan, yakni semua pengajuan dilakukan secara online melalui WhatsApp (WA) dan diterapkan selama kondisi wabah Covid-19.

“Kami meniadakan layanan tatap muka dan perekaman KTP Elektronik (e-KTP), saya harap masyarakat memakluminya,” sebut Supriyanto.

Di akhir kunjungannya, Bupati memerintahkan Kadisdukcapil untuk disampaikan pada masyarakat agar memahami kondisi Covid-19, dimana diperlukan menjaga jarak atau perlunya menjalankan protokol kesehatan.

“Taati protokol kesehatan, seperti cuci tangan di tempat yang disediakan. Dan tetap memakai masker dalam beraktifitas,” tukasnya. (Heru)