Toba Caldera World Music Festival di Tampahan Diduga Tanpa Ijin Keramaian

Acara Toba Caldera World Music Festival yang berlangsung di Kabupaten Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Acara Toba  Caldera World Music Festival yang dilaksanakan selama 3 hari di Singgolom Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diduga tidak memiliki izin.

Sementara diketahui dalam acara tersebut, ada beberapa orang warga negara asing yang ikut untuk menyaksikan atau turut serta melaksanakan kegiatan itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Tobasa, Audi Murphy Sitorus ketika dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019) menuturkan, mengatakan  tidak memahami hal-hal seperti itu. Menurutnya, itu tanggung jawab dari pada pelaksanaan kegiatan.

Pertunjukan musik dalam Toba Caldera World Music Festival .

Saat ditanyakan kembali tanggung jawab Disparbud terkait adanya warga asing ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Audi kembali memberikan jawab yang sama. “Itu adalah tanggung jawab pelaksana kegiatan,” paparnya.

Mengacu pada Juklap Kapolri No.Pol /02/XII/95 tentang perijinan dan pemberitahuan kegiatan masyarakat, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dalam kegiatan pentas musik band, dangdut dan pertunjukan lainnya.

Sementara pihak Polres Tobasa belum bisa memberikan keterangan terkait izin keramaian dalam kegiatan tersebut. (frengki)