Tobasa Internasional Off Road Adventure Extream Digelar 13-20 Oktober 2018

Kepala Disparbud Pemkab Tobasa, Audi Murphy Sitorus.

Tobasa, Lintangnews.com | Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) berharap digelarnya Tobasa Internasional Off Road Adventure Extream dapat mempromosikan Danau Toba bentukan kaldera gunung berapi khususnya keindahan alam dan danau di daerah itu.

Kepala Disparbud, Audi Murphy Sitorus menuturkan, untuk mempercepat terwujudnya Destinasi Danau Toba, terkhusus Kabupaten Tobasa menjadi tujuan wisata kelas dunia yang diminati pengunjung lokal maupun mancanegara, pihaknya akan menggelar beberapa atraksi di inti kota maupun pelosok wilayah Tobasa.

“Even seperti ini belum pernah digelar di Tobasa, dimana para peserta dari berbagai Provinsi se Indonesia melibatkan pengusaha, serta Wali Kota dan Bupati yang memang cinta suasana alam yang asri. Kegiatan itu digelar mulai tanggal 13-20 Oktober 2018,” sebut Audi Murphy, Senin (8/10/2018) di ruang kerjanya.

Lanjutnya, rute yang ambil diawali, Sabtu (13/10/2018) dengan titik awal(start) dari Kota Balige menuju Kecamatan Tampahan. Selanjutnya melintasi Kecamatan Laguboti, Porsea, Lumban Julu dan hari terakhir, Sabtu (20/10/2018) di Kecamatan Ajibata.

“Untuk diketahui, peserta dan tamu akan kita sambut dengan kekayaan budaya di Kabupaten Tobasa seperti, tarian budaya Batak dan berbagai atraksi kebudayaan lainnya untuk menghibur,” paparnya.

Audi Murphy menuturkan, para peserta akan menikmati suasana alam Kabupaten Tobasa yang indah dengan rute alam yang begitu extream penuh dengan tantangan. Sehingga dapat diceritakan kepada dunia luar, betapa serunya off road di Tobasa untuk ditaklukkan.

Menurutnya, dengan mayoritas peserta merupakan pengusaha, bukan tidak mungkin mereka akan mengajak pengusaha lain menikmati suasana alam Tobasa untuk berpetualang.

“Dengan demikian mereka (pengusaha) akan meninggalkan pundi-pundi uang bagi pelaku wisata di Tobasa, seperti perhotelan, pedagang makanan dan pedagang souvenir (cenderamata) serta pemandu arah jalan. Otomatis ini menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tobasa,” sebutnya mengakhiri. (asri)