Unit Turjawali Sat Lantas Tobasa Gelar Giat Ops Rutin di Jalinsum Sigumpar

Razia yang dilaksanakan Unit Turjawali Sat Lantas Polres Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satuan Lalu Lintas Polres Toba Samosir (Tobasa) yang dipimpin Aiptu Bahagia Peranginangin gelar operasi rutin di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Desa Nauli, Kecamatan Sigumpar, Senin (3/12/2018).

Aiptu Bahagia menuturkan, operasi itu sehubungan dengan dekatnya pelaksanaan Operasi Lilin untuk antisipasi lonjakan arus mudik perayaan Natal 25-26 Desember 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019.

Pasalnya, mayoritas penduduk di Tapanuli Raya khususnya di Kabupaten Tobasa merayakannya kedua hari besar itu sudah dapat dipastikan arus mudik yang melintas di Jalinsum akan meningkat.

“Operasi rutin digelar untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, sekaligus penindakan kelengkapan surat-surat pengendara roda 2 maupun 4,” sebut Aiptu Bahagia.

Para pengendara saat diberikan sanksi tilang oleh petugas.

Ini juga bertujuan, agar tidak terjadi pelanggaran di jalan raya, termasuk mengantisipasi pemanfaatan bagi pengemudi dari luar, di mana momentum padatnya arus lalu lintas digunakan sebagai ajang penyaluran narkoba.

“Sebab saat memasuki hari besar memungkinkan para pengedar untuk memasukkan narkoba ke Tobasa yang dapat merusak generasi bangsa, khususnya di wilayah hukum Polres Tobasa,” pungkas Aiptu Bahagia.

Saat digelarnya operasi rutin, truk pengangkut barang dan pengangkut kayu terkena razia maupun pemeriksaan kelengkapan surat-surat yang tidak lengkap, sehingga harus diberikan sanksi tilang. (asri)