Usia 55 Tahun, USI Warnai Dunia Pendidikan dengan Melewati Berbagai Proses dan Semakin Baik

Acara tiup lilin bersama di acara Dies Natalis USI ke 55.

Siantar, Lintangnews.com | Universitas Simalungun (USI) mewarnai dunia pendidikan selama 55 tahun, dengan melewati berbagai proses untuk semakin baik.

Hal itu membuat saat ini, USI dipercaya masyarakat Siantar, Simalungun dan daerah lainnya. USI diminta berkontribusi secara nyata terhadap peningkatan daya saing sesuai visinya.

Di tengah pandemi Covid-19 atau Virus Corona, USI telah lakukan sejumlah pengabdian masyarakat termasuk pembagian sembako, pembagian masker, pembagian sarung tangan dan tempat cuci tangan.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, kebersamaan yang utama. Selain menjaga diri sendiri, kita juga tetap berbagi kepada yang lain,” sebut Corry Purba selaku Rektor USI dalam sambutannya di acara Dies Natalis USI, Jumat (18/9/2020).

Lanjutnya, beberapa waktu lalu, USI telah memberangkatkan sejumlah mahasiswa-mahasiswi untuk magang di PT Pegadaian. Corry menuturkan, untuk wilayah Sumatera Utara hanya 2 Universitas yang mengikuti, salah satunya USI.

“Dalam waktu dekat kita juga akan memberangkatkan mahasiswa-mahasiswi untuk magang di PTPN III. Selain itu, kita telah melakukan pertukaran mahasiswa dengan Universitas Taiwan,” terangnya.

Rektor USI, Corry Purba saat menyampaikan sambutannya.

Untuk beasiswa kepada mahasiswa, Corry menyampaikan USI telah tahun kedua mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia. Untuk program Bidik Misi, tahun lalu ada 40 mahasiswa. Sementara untuk tahun ini ada peningkatan menjadi 144 orang.

“Di tengah Covid-19 ini, ada 599 orang mahasiswa USI yang mendapatkan bantuan uang kuliah. Kita juga mendapat bantuan paket internet dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk dosen dan mahasiswa,” jelasnya.

Ia berujar di usia ke 55 tahun, masih banyak lagi pekerjaan yang harus dilakukan secara bersama-sama.

“Saya berharap, mari kita sama-sama memajukan Universitas ini. Selamat ulang tahun buat USI, terima kasih kepada penggagas dan pendiri Universitas Simalungun ” tutup Rektor.

Acara Dies Natalis USI dilakukan secara sederhana, dengan pemotongan kue serta melakukan pemberian Datok nabinatur.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan Amsar Saragih, Polentyno Girsang, Pdt PV Pandapotan Haloh selaku Pembina Yayasan dan sejumlah civitas akademika USI. (Elisbet)