Video Viral Ibu Melahirkan, Akses Jalan Dusun Nambaria Parlilitan Butuh Perhatian

Pihak Kecamatan Parlilitan dan wartawan mengunjungi kediaman ibu yang melahirkan dan videonya menjadi viral.

Humbahas, Lintangnews.com | Beredar video viral seorang ibu yang baru melahirkan menuju tempat tinggalnya ditandu warga Dusun Nambaria Desa Sihas Toruan, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi topik perbincangan.

Pasalnya terlihat di video itu kondisi jalan yang begitu hancur dan berantakan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.

Awak media yang langsung terjun lokasi, Jumat (25/6/2021) melihat kondisi jalan menuju Dusun Nambaria begitu terjal, sehingga tidak bisa dilalui mobil. Ketika hujan datang, maka akses jalan tidak bisa dilalui sepeda motor, sehingga merugikan perekonomian masyarakat setempat.

Fransiska Waruhu (36) ibu yang ditandu dari Puskesmas Parlilitan meminta agar Pemkab Humbahas lebih sigap menanggapi keluhan masyarakat.

“Syukur kepada Tuhan masih diberi panjang umur kepada saya dan keluarga. Saya berharap, kedepan pemerintah bisa lebih sigap dan lebih tanggap akan keluhan masyarakat. Karena apa yang baru saya alami itu sebagai kenangan ,” tukasnya.

Sementara Naik Harianja (40) mengaku, karena bahayanya jalan itu sehingga dirinya takut membawa istrinya mengendarai sepeda motor.

“Anak kami yang ketiga ini melahirkan di Puskesmas Parlilitan. Dan setelah dinyatakan bisa pulang, kami pun berjalan kaki menuju ke rumah. Namun di perjalanan, istri merasa kelelahan dan ketika itu beberapa warga melintas saya minta tolong ditandu menuju ke rumah,” tandasnya.

Camat Parlilitan, Eliabzan Sihotang didampingi perangkat Desa Nambadia dan petugas kesehatan ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Sebelumnya kita sudah pernah mengajukan ke dana desa dan APBD Kabupaten Humbahas ketika saya baru menjabat dan memang terealisasi namun bertahap,” sebutnya.

Dia menerangkan, awalnya pembukaan jalan dan tahun berikutnya pengerasan jalan. Berikutnya tahun 2019 memasukkan jaringan listrik.

“Semoga tahun 2021 ini ada pembangunan jalan di Dusun Nambaria. Namun karena mengingat adanya pandemi Covid 19 yang sangat mengganggu, termasuk di Kecamatan Parlilitan,” terangnya. (Akim).