Wabup Simalungun Resmikan Program Pembinaan UMKM Toba Tilapia PT Japfa

Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi meresmikan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Toba Tilapia.

Simalungun, Lintangnews.com | Ditandai dengan pengguntingan pita, Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi resmikan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  Toba Tilapia, bertempat di Pelabuhan Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Kamis (1/7/2021).

Peresmian program pembinaan UMKM Toba Tilapia itu dihadiri Camat Dolok Pardamean, Rulianto Girsang, Deputy Head of Tilapia Operation, Imam Santoso, para pelaku UMKM sekitar Pelabuhan Tigaras dan undangan lainnya.

Pembinaan UMKM Toba Tilapia merupakan program dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) melalui anak perusahaan PT Suri Tani Pemuka ( STP). Ini dalam rangka mendukung destinasi super prioritas kawasan Danau Toba, PT Japfa) di sekitar Pelabuhan Tigaras.

Zonny Waldi mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan perusahaan PT STP untuk membina dan mendampingi serta membantu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini agar para pelaku UKM lebih berkompeten dan menjadi pelaku utama dalam kepariwisataan di sekitar Pelabuhan Tigaras, demi mendukung keberhasilan pengembangan pariwisata Danau Toba.

“Hal seperti ini lah yang sangat kami harapkan dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan Danau Toba dengan memberikan manfaat yang positif untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Wakil Bupati Simalungun.

Sementara itu, Imam Santoso mengatakan, pihaknya mendukung penuh untuk memajukan destinasi pariwisata kawasan Danau Toba melalui berbagai program. Salah satunya memberikan dukungan dan pembinaan kepada pelaku UMKM di Pelabuhan Tigaras, sehingga siap menyajikan dan memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan maupun pengunjung.

“Saat ini, PT STP masih membina 3 pelaku usaha UMKM di sekitar Pelabuhan Tigaras yakni, Kedai Makan Sangga Boi, Kedai Makan Sabila dan Kedai Kopi Bintang Rizky. Selanjutnya management perusahaan akan memonitoring, mengawasi, mengevaluasi dan membinaan para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) lainnya setelah UKM binaan dievaluasi,” ujarnya.

Imam berharap, bantuan pembinaan kepada para pelaku UKM di wilayah operasional perusahaan di sekitar Pelabuhan Tigaras dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. Termasuk dapat mendukung untuk mendatangkan kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata Danau Toba.

Salah seorang pelaku UKM, Selmawati Sitio berterima kasih kepada management PT STP karena telah memilih tempat usahanya menjadi UKM binaan perusahaan.

“Kita senang karena dibantu, dibina dan dibimbing untuk menata warung, sehingga tertata baik, menjadi bersih dalam mendukung kemajuan destinasi pariwisata Danau Toba di Pelabuhan Tigaras,” paparnya. (Rekl/Zai)