Wakil Bupati Deli Serdang Canangkan 3 Desa Bersinar

Wakil Bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar menggunting pita posko relawan anti narkoba.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Wakil Bupati Deli Serdang, Muhammad Ali Yusuf Siregar mencanangkan Desa Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin, Desa Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu dan Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar), Rabu (27/1/2021) lalu.

Pencanangan itu dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara diwakili Koordinator Bidang Pencegahan, Soritua Sihombing, Kepala BNNK Deli Serdang, AKBP Suhadi, Kepala Dinas Sosial, Hendra Wijaya, Kepala Dinas Porabudpar, Khairum Rijal, Kepala Dinas PMD, Citra Effendi Capah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas P2KB P3A, Miska Gewasari, Camat Beringin, Wahyu Rismiana, Camat Pantai Labu, Rahmad Azahar Siregar, Kepala Desa (Kades) Pasar VI Kualanamu, Wiwin Purwadi, Kades Pantai Labu Pekan, Zulkarnain dan Kades Bandar Khalipah.

Ali Yusuf dalam sambutannya mengatakan, permasalahan narkoba masih merupakan sesuatu yang bersifat urgent dan kompleks. Dia menuturkan, dalam kurun waktu satu dekade terakhir, permasalahan narkoba menjadi semakin meluas.

“Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah penyalahgunaan dan pecandu narkoba secara signifikan. Ini seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya dan masif jaringan sindikatnya,” sebut Wakil Bupati.

Lanjutnya, semua pihak tidak bisa berdiam diri dan harus terus melakukan upaya penanganganan penyalahgunaan narkoba secara massif, dan bersatu padu dalam suatu gerakan bersama untuk memerangi, serta memberantas segala bentuk kejahatan narkoba sampai ke akar-akarnya.

“Pencanangan Desa Bersinar ini adalah bagian dari upaya bersama dalam memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” paparnya.

Kepala BNNP Sumut diwakili Soritua Sihombing mengatakan, pandemi Covid-19 sudah menjadi permasalahan di dunia termasuk Indonesia, begitu juga dengan  narkoba.

“Hal ini harus segera dijauhkan agar terhindar dari peyalahgunaan peredaran narkoba,” ucapnya.

Sementara Kepala BNNK Deliserdang, AKBP Suhadi mengatakan, untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba diperlukan kerja sama semua pihak.

“Kita berharap para relawan dapat memaksimalkan tugasnya sebagai garda terdepan untuk mencegah peredaraan dan penyalahgunaan narkoba di Desa masing-masing,” tukasnya,

Di akhir kegiatan pencanangan Desa Bersinar, Wakil Bupati menggunting pita posko relawan anti narkoba. (Idris)