Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan Terima Audiensi PWI Tebingtinggi  

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedi Parulian Siagian, menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tebingtinggi, Selasa (2/2/2021) di ruang kerjanya.

Ketua PWI Tebingtinggi, Abdullah Sani Hasibuan menuturkan, kunjungan ini bertujuan untuk melaporkan agenda kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021.

“Puncak peringatan akan dilaksanakan secara virtual dari Jakarta selaku tuan rumah HPN 2021. Dijadwalkan puncak peringatan tanggal 9 Februari 2021 akan dihadiri Presiden, Joko Widodo bersama para Menteri dan tamu kehormatan di Candi Bentar Hall Ancol Jakarta,” paparnya.

Untuk itu, Abdullah Sani berharap agar Pemko Tebingtinggi dapat berpartisipasi dalam memeriahkan HPN 2021 di daerah itu.

Menanggapi hal itu, Wali Kota mendukung pelaksanakan puncak peringatan HPN secara virtual. Menurutnya, kegiatan peringatan HPN di Tebingtinggi direncanakan akan diadakan secara virtual di kantor Dinas Kominfo setempat.

“Walaupun virtual, kegiatan juga harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes). Menyediakan sarana cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah peserta dalam kegiatan itu,” tegas Wali Kota.

Umar Zunaidi menuturkan, saat ini Pemko Tebingtinggi sedang giat berupaya untuk menekan peningkatan kasus Covid-19 dan memutus mata rantai penularan virus itu. Wali Kota juga meminta wartawan agar berperan aktif melalui media untuk mensosialisasikan prokes kepada masyarakat.

“Kita berharap, media bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat berperan aktif dalam upaya memutus mata rantai Covid-19, serta menyampaikannya ke masyarakat,” paparnya.

Abdullah Sani juga menyampaikan usulan, agar Pemko Tebingtinggi dapat melaksanakan kembali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi wartawan yang bertugas di daerah itu.

Terkait itu, Wali Kota juga mendukung pelaksanaan UKW bagi wartawan daerah. Hal ini sejalan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) jurnalis sesuai dengan aturan yang ada.

“Dengan diadakannya kembali UKW ini, kita berharap wartawan di Tebingtinggi semakin meningkat mutunya dalam memberikan berita yang akurat dan terpercaya. Nantinya UKW akan direncanakan melalui Dinas Kominfo Tebingtinggi. Namun yang terpenting, wartawan yang mau ikut UKW juga harus siap, agar dana yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia,” tutup Wali Kota. (Purba)