Wali Kota Siantar Ajak Pemangku Kepentingan Bersinergi Rencanakan Pembangunan

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat memberikan sambutan.

Siantar, Lintangnews.com | Program dan kegiatan pembangunan di Kota Siantar tahun 2020 dibahas di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang diadakan di Hotel Sapadia, Rabu (20/3/2019).

Wali Kota, Hefriansyah mengatakan, pelaksanaan Musrenbang merupakan rangkaian dari rembug warga, Musrenbang Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan.

Menurut Hefriansyah, letak strategis Siantar yang merupakan pintu gerbang menuju destinasi wisata Danau Toba, saat ini juga berfungsi menjadi wilayah penyanggah bagi daerah hinterland nya.

“Saya mengajak para pemangku kepentingan untuk bersatu padu, dan bersinergi dalam merencanakan pembangunan. Sehingga potensi daerah yang kita miliki dapat tergali seoptimal mungkin,” ujarnya.

Dilanjutkannya, sesuai kebijakan pemerintah, meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyusun perencanaan berbasis money follow program, bukan berdasarkan struktur atau fungsi organisasi (money follow function). Serta meningkatkan kinerja seoptimal mungkin dengan melibatkan masyarakat seluas-luasnya.

Di samping itu, Wali Kota juga mengharapkan agar azas pemerataan pembangunan diperhatikan dalam menentukan lokasi kegiatan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Balitbang Provinsi Sumut, M A Efendi Pohan menjelaskan, prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2020 dengan tema ‘Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara yang Bermartabat’.

Maka, dalam upaya pencapaian target pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, diminta agar Pemko Siantar dapat memedomani dan menyelaraskan program atau kegiatan dengan program nasional dan Provinsi Sumatera Utara.

Sementara itu,  Kepala Bappeda Pemko Siantar, Midian Sianturi menjelaskan, maksud dan tujuan pelaksanaan Musrenbang Tahun 2020 adalah membahas rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Siantar guna menyepakati permasalahan pembangunan daerah, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah.

Seperti diketahui musrenbang digelar selama 2 hari mulai Selasa (19/3/2019) dan Rabu (20/3/2019).

Selanjutnya acara ditandai pemukulan gong dan penandatanganan berita acara Musrenbang RKPD Kota Siantar Tahun 2020.

Hadir dalam acara itu, Forkopimda, DPRD Siantar, Sekda Budi Utari Siregar, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita, BUMD, BUMN, perusahaan swasta, mewakili tokoh masyarakat, tokoh agama, pers, LSM, profesi, wirausahawan, instansi vertikal, perbankan, akademisi dan delegasi dari Kecamatan.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan, yaitu Kasi Wilayah IV A Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Wasja, Direktorat Transportasi Kementerian PPN/ Bappenas, Handhi Setiawan Adiputra, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Irman, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, M Ismail P Sinaga. (rel)