Wali Kota Siantar Diminta Berikan Perhatian Khusus pada Petugas Kebersihan

Sejumlah petugas kebersihan saat menerima APD beberapa waktu lalu.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam memerangi Covid-19 atau Virus Corona, kesehatan dan kebersihan merupakan faktor hal yang diinstruksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Untuk kesehatan, Presiden telah memberikan instruksi supaya ada intensif bagi petugas medis seperti dokter dan perawat.

Sementara untuk petugas kebersihan, orang yang setiap hari berjibaku dengan sampah, sejauh ini belum mendapat atensi dari pemerintah secara khusus.

“Petugas kebersihan, jangan kan karena Covid-19, setiap hari bersentuhan dengan sampah yang merupakan salah satu tempat banyak virusnya,” sebut anggota DPRD Siantar, Ferry SP Sinamo, Sabtu (28/3/2020).

Dalam hal ini, Ferry mempertanyakan sejauh mana bagaimana perhatian Pemko Siantar bagi petugas kebersihan yang berada dalam naungan Dinas Lingkungan Hidup.

“Ini harus diperhatikan secara serius, karena bagaimana pun petugas kebersihan memegang peran vital di Siantar. Mereka sebagai gugus terdepan berhadapan dengan virus. Kalau bisa jangan hanya Alat Pelindung Diri (APD), namun juga soal intensifnya,” tutur anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Siantar ini.

Ditambahkan Ferry, Pemko Siantar diminta tak memandang enteng terhadap peran petugas kebersihan. Menurutnya, Wali Kota, Hefriansyah agar memberikan perhatian khusus pada petugas kebersihan.

“Nggak bisa kita bayangkan, kalau 1 jam saja sampah tidak diangkut di Siantar. Sehingga kita minta kepada Pemko Siantar untuk memberikan perhatian khusus bagi petugas medis dan petugas kebersihan dalam rangka memerangi Covid-19,” tutup Ferry. (Elisbet)