Wali Kota Siantar Tinjau Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor   

Wali Kota Siantar, Hefriansyah saat meninjau pelaksanaan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

Siantar,  Lintangnews.com | Wali Kota Siantar, Hefriansyah meninjau langsung Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak Sejuta Akseptor di beberapa Puskesmas, Senin (29/6/2020).

Pelayanan KB serentak di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII, dirangkai penutupan Bulan Bakti Ikatan Bidan Infonesia (IBI) KB Kesehatan dan TNI Manunggal di Siantar.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar,” sebut Hefriansnyah saat mengunjungi Puskesmas Tong Marimbun di Kecamatan Siantar Marimbun.

Lebih lanjut Hefriansyah mengatakan, meski di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), diharapkan pelayanan KB tetap terlaksana untuk mencegah peningkatan angka kelahiran atau baby bomb. Dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hari ini menjadi sejarah baru di bidang pelayanan KB di Siantar yang berkaitan dengan peringatan Harganas ke XXVII. Pelayanan Sejuta Akseptor di Pematangsiantar ditargetkan 900-1.000 orang, antara lain, kontrasepsi penggunaan pil, kondom, suntik, implant dan IUD,” terang Hefriansyah.

Hefriansyah juga mengajak kader KB beserta seluruh stakeholder agar terus bekerja sama menyukseskan program KB di Siantar. Disebutkan, Pemko Siantar pernah meraih penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2019 lalu pada peringatan Harganas di Banjar Baru. “Jadi, mari kita pertahankan prestasi itu,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah menyampaikan, Pemko Siantar telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Jaring Pengaman Sosial (JPS) tahap III untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Siantar.

“Untuk itu saya berharap, BST JPS tahap III yang sebelumnya berupa sembako, namun bulan ini hingga Desember menjadi uang tunai sebesar Rp 200 ribu, agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh yang menerima,” jelasnya.

Turut mendampingi Hefriansyah, Ketua TP PKK, Syahputri Hefriansyah Hutabarat, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadis PPKB), Rumondang Sinaga, Kadis Kesehatan, Ronald Saragih, pihak TNI dan Polri. (Elisbet)