Wali Kota Tebingtinggi Terima Kunjungan Konsul Jendral Jepang

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bersama Konsul Jendral Jepang Takashi IIshi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, terima kunjungan Konsul Jendral Jepang Takashi IIshi, Kamis (27/9/2018) di rumah dinas (rumdis) Wali Kota, Jalan Sutomo didampingi Asisten, Staf Ahli dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam pertemuan penuh keakraban itu, Umar Zunaidi menyampaikan, beberapa program pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemko Tebingtinggi.

Wali Kota juga menyampaikan, Tebingtinggi merupakan salah satu kota di Indonesia dan Sumatera yang direkomendasikan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan kerjasama dengan Kota Toyama, Jepang dan tindak lanjutnya saat ini dalam penjajakan.

“Kerjasama yang dilakukan di antaranya bidang teknik, kesehatan, persampahan, pendidikan, ketenagakerjaan dan UMKM. Diharapkan Konjen Takashi Iishi ikut memberikan dukungan atas kerjasama tersebut,” sebut Umar Zunaidi.

Sementara itu Konjen menyambut baik atas gagasan kerjasama yang dilakukan Pemko Tebingtinggi dengan Jepang. Dirinya juga memberikan dukungan pada Pemko Tebingtinggi dan akan memberikan masukan kepada pemerintah Jepang melalui Kedubes Jepang.

Dikatakan Takashi IIshi, Tebingtinggi merupakan sebuah kota yang berpotensi untuk pengembangan dan pertumbuhan ekonomi di bidang UMKM seperti, batik.

“Apalagi Tebingtinggi direkomemdasikan bekerja sama dengan Kota Toyama. Kami akan memberikan dukungan sepenuhnya,” ujarnya.

Takashi yang menggenakan kemeja batik menyampaikan kepada Wali Kota, bahwa batik yang dikenakannya merupakan hasil batik tenun asal Tebingtinggi. “Ini saya jahit di Medan, kain dan coraknya bagus,” kata Takashi.

Pada kesempatan itu, Wali Kota memberikan seperangkat pakaian adat Kerajaan Padang yang dikenakan langsung kepada Takashi sebagai pertanda Konjen merupakan tamu kehormatan di Tebingtinggi.

Sementara itu Takashi memberikan oleh-oleh coklat yang pernah dibuat sebagai tanda persahabatan 60 tahun yang dibuat di Kota Medan.

Selanjutnya Takashi meninjau langsung tempat pembuatan batik Tebingtinggi Karya Berseri di Kelurahan Damar Sari, Kecamatan Padang Hilir dan berkesempatan memborong beberapa helai kain batik yang untuk diperkenalkan kepada warga Jepang. (purba)