Wali Kota Tebingtinggi Tinjau Penanganan Covid-19 Di Kecamatan  

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan arahannya.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan melakukan peninjauan penanganan Covid-19 di Kecamatan Padang Hulu dan Kecamatan Padang Hilir, Rabu (29/9/2021).

Turut mendampingi Wali Kota yakni, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Bambang Sudaryono, Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dedi Parulian Siagian, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan, Henny Sri Hartati dan Kabag Pemerintahan, Syahdama Yanto, AP

Di Kecamatan Padang Hulu, dihadiri Camat, Deni Handika Siregar, Sekretaris Camat (Sekcam), Khairuddin, para Lurah dan perwakilan pegawai di Kecamatan.

Sementara di Kecamatan Padang Hilir, dihadiri Camat, Ramadhan Barqah Pulungan, Plt Kapolsek, Iptu Mulyono, jajaran personil Babinsa dan Bhabhnkamtibmas, para Lurah dan perwakilan pegawai di Kecamatan.

Wali Kota meminta dalam penanganan Covid-19 agar menyiapkan dan mengaktifkan ruang posko, yang dilengkapi dengan data penyebaran Covid-19 (hotline), termasuk di dalamnya data vaksin (menyusun jadwal vaksinasi untuk masyarakat di masiing-masing Kelurahan) dan layanan untuk pengaduan kasus Covid-19.

“Untuk melakukan up date peserta vaksin, maka diminta kepada Camat dan Lurah agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) supaya bisa dideteksi berapa masyarakat yang belum tervaksin,” ujar Umar Zunaidi.

Dirinya juga meminta kepada Camat bersama Lurah untuk menyusun program penyuluhan, sosialisasi dan edukasi, selama 1 bulan kedepan. Ini termasuk melakukan testing, tracing dan treatment kepada keluarga yang terkena Covid-19 dan lingkungannya.

“Melaksanakan operasi yustisi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Di dalam penyuluhan dan sosisaliasi, agar melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, Polsek dan Koramil serta anggotanya,” ucapnya.

Juga memperbanyak himbauan saran dan anjuran kepada masyarakat untuk turut bersama mengantisipasi Covid-19 dan berobat lebih cepat apabila menderita sakit.

Giat vaksinasi kembali akan dilakukan Pemko Tebingtinggi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), pada awal bulan Oktober 2021 di 3 Kelurahan di Kecamatan Padang Hulu, yaitu Kelurahan Lubuk Raya, Lubuk Baru dan Tualang.

Sementara di Kecamatan Padang Hilir, vaksinasi akan dilakukan di Kelurahan Deblod Sundoro, Tambangan Hulu dan Tambangan.

Ada pun vaksin yang diberikan sebanyak 100 dosis per setiap Kelurahan, dengan persyaratan cukup membawa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon peserta vaksinasi. (Purba)