Wali Kota Tebingtinggi Terima Kunjungan Tim Penilai PPD Sumut

Foto bersama dengan Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah Sumut yang berkunjung ke Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Sumatera Utara kunjungi Kota Tebingtinggi dan diterima Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan diwakili Asisten Ekbang, Muhammad Dimiyathi dan Kepala Bappeda, Erwin Suheri Damanik, Jumat (22/2/2019) di Aula Bappeda.

Dalam ucapan selamat datangnya, Wali Kota menyampaikan tentang kondisi Tebingtinggi. Juga menyampaikan terima kasih karena Tebingtinggi masuk dalam 3 besar tingkat Kota di Sumut yang mendapat penilaian lebih lanjut.

“Dari kedatangan tim ini, tentunya selain memberikan penilaian juga diharapkan masukan apa yang masih dinilai kurang di Tebingtinggi,” sebut Umar Zunaidi.

Menurutnya, tim penilai bisa berdialog langsung dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Tebingtinggi. “Silahkan saja tim bertanya langsung dan ini dilakukan secara transparan, tidak ada yang ditutupi,” kata Wali Kota.

Sementara Ketua Tim Penilai PPD, Josi Sukatno menyampaikan, pihaknya datang terdiri dari pemerintah dan lembaga independen. Josi menuturkan, pada prinsipnya mereka tidak hanya menerima laporan saja, tetapi lebih banyak menilai secara langsung terutama pada bagian pelayanan publik.

“Dalam paparan yang disampaikan Kepala Bappeda, kami yakin program-program pembangunan di Tebingtinggi telah disusun secara rapi dan sesuai peraturan. Dan dilahirkan dari program yang paling bawah yakni di tingkat Kelurahan,” sebut Josi.

Dalam pertemuan saat sesi tanya jawab yang dilakukan tim oleh Paidi Hidayat, banyak pertanyaan mengenai pelayanan pendidikan, kesehatan dan penanggulangan pengangguran dan upaya yang dilakukan Pemko Tebingtinggi.

Umumnya mendapat penjelasan cukup baik yang disampaikan mewakili masyarakat dan pimpinan OPD yang rata-rata memberikan penilaian 80 persen.

Sebelumnya, Kepala Bappeda, Erwin Suheri Damanik memaparkan tentang perencanaan pembangunan Tebingtinggi yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) disikronkan dengan rencana pembangunan provinsi dan pusat.

Tim penilai Paidi Hidayat mengatakan, dari hasil tanya jawab yang dilakukan kepada semua elemen masyarakat maupun OPD khususnya tentang pelayanan publik ternyata cukup baik.

Ini termasuk Kepala Bappeda dalam paparannya, jika program yang dilakukan di Tebingtinggi dinyatakan sinkron dengan Provinsi dan Pusat. “Hasilnya kami menilai cukup baik, di antaranya bidang pelayanan kesehatan di Puskesmas dan dinyatakan tingkat kepuasan masyarakatnya cukup tinggi mencapai 90 persen, demikian juga pendidikan,” ujar Paidi. (purba)