Warga Bandar Tinggi Hadang Truk Galian C Penghasil Debu

Warga saat menghadang sejumlah truk galian C untuk menghentikan aktivitas pengangkutan.

Simalungun, Lintangnews.com | Puluhan warga di Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun menghadang truk milik pengusaha galian C, karena menciptakan lingkungan tidak kondusif dengan menebarkan debu, Selasa (26/2/2019).

“Kami khususnya warga Huta I dan IX keberatan atas lalu lalangnya truk-truk galian C yang melintas di jalan nagori. Karena banyak menimbulkan dampak negatif,” ucap salah seorang tokoh masyarakat Nagori Bandar Tinggi, Dadang Setiawan.

Menurut Dadang didampingi tokoh masyarakat lainnya, Julianto, jika dampak negatif yang dimaksud, jalan yang dilalui semakin rusak. Juga menimbulkan debu yang cukup tebal di rumah-rumah warga.

“Tidak hanya rumah warga, rumah ibadah kami juga turut terserang debu. Bahkan memberikan ketidak nyamanan kami menggunakan sepeda motor. Ini juga rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas),” beber Dadang.

Menurutnya, selama ini masyarakat hanya merasakan dampak negatifnya saja. Kesepakatan yang telah dilakukan pemerintah desa dengan pengelola galian C selalu tidak diindahkan pihak pengusaha.

“Untuk itu kami memohon kepada pemerintah agar segera mengambil tindakan guna menghentikan segala aktivitas galian C di Nagori Bandar Tinggi dan sekitarnya,”  imbuh Julianto.  (zai)