Warga Bilah Hilir Temukan Akar Bajakah dan Ini Khasiatnya

Erni Yusgianti langsung meminum air dari Akar Bajakah.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Warga Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu menemukan pohon akar bajakah yang merupakan tumbuhan liar, dimana khasiatnya untuk kesehatan tubuh terutama membunuh sel kanker dan lainnya.

Tumbuhan dengan sistem merambat ini ditemukan di areal perkebunan kelapa sawit milik warga di daerah Sei Tampang, Kelurahan Negeri Baru, Kecamatan Bilah Hilir.

Salah seorang warga, Erni Yusgianti ketika ditemui wartawan, Kamis (19/3/2020) menuturkan, akar bajakah ini awalnya ditemukan saudaranya pada saat mau membersihkan lahan sawit yang sudah lama tidak dikerjakan.

“Ketika itu terlihat kayu dengan ukuran lengan tangan bayi bergantungan di pohon sawit dan tidak menyentuh tanah seperti tali dengan diameter melilit panjang panjang,” sebutnya.

Seketika Erni terpikir pernah melihat tumbuhan dimaksud melalui akun Facebook, jika akar bajakah itu dipotong maka mengeluarkan air. Dirinya pun langsung browsing Google, ternyata akar bajakah yang ditemukan tumbuh di tanah gambut itu memiliki khasiat dan kegunaannya cukup luar biasa

“Ternyata benar, akar bajakah merupakan pohon yang hidup di hutan Kalimantan itu ada di daerah Bilah Hilir. Saat kami potong diameter 30 cm dari ujung pohon itu mengeluarkan atau menetes air dan langsung diminum,” sebut Erni.

Menurutnya, tumbuhan itu cukup banyak tumbuh di areal sawit di daerah mereka. Namun apakah akar bajakah itu sama dengan yang hidup di hutan Kalimantan, Erni mengaku, belum ada contoh yang sama.

“Ini sudah saya amalkan meminumnya. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada efeknya, bahkan badan saya terasa enak. Saya sudah saya sampaikan pada keluarga untuk merawat dan melestarikan tumbuhan itu,” terang Erni.

Manfaat akar bajakah diyakini mampu menghentikan pendarahan pada luka. Dalam uji laboratorium, akar bajakah terbukti memiliki senyawa fenolik positif, flavonoid, tanin dan saponin. Saponin dan tanin ini lah yang merangsang angiogenesis, bagian penting dari proses penyembuhan luka.

Akar bajakah disebut berkhasiat mengobati mules dan asam lambung. Memiliki anti oksidan yang berlimpah, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tumbuhan ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi, yang bisa untuk mencegah serta mengobati peradangan dan pembengkakan pada organ tubuh. Mengurangi kadar kolesterol jahat dan bisa digunakan sebagai obat pencahar alami.

Sebagai anti biotik yang bisa menangkal virus, kuman dan mikroba berbahaya lainnya. Termasuk sebagai anti kanker karena mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Khasiat lainnya, anti malaria, mengurangi rasa sakit di dada, mengatasi masalah pernapasan seperti sesak dan gangguan lainnya, meningkatkan nafsu makan, terutama baik untuk anak-anak, mengurangi kadar gula dalam darah, serta meringankan sakit diare atau disentri. (Sofyan)