Lapas Tebingtinggi Semprotkan Disinfektan Cegah Penyebaran Virus Corona

Penyemprotan disinfektan di seluruh ruang tahanan Lapas Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Khawatir akan penyebaran Novel Corona Virus (NCoV) atau Covid-19, area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tebingtinggi disemprot cairan disinfektan, Kamis (19/3/2020), hingga beberapa hari kedepan.

Beberapa tempat yang disempror cairan disinfektan di seluruh ruang kerja, aula gedung pertemuan, rumah ibadah dan lorong sel Lapas Tebingtinggi di Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung.

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Tebingtinggi, Theo Adrianus Purba mengatakan, pelayanan publik juga harus steril setiap harinya, sebab didatangi puluhan orang, sehingga perlu diantisipasi terkait penyebaran Virus Corona.

“Lapas Tebingtinggi didatangi puluhan orang dari segala usia  sejak pagi sampai jam kerja berakhir, tentunya potensi penularan penyakit juga bisa tinggi. Namun kita tidak mungkin menutup pelayanan. Yang kita bisa lakukan upaya pencegahan agar potensi penyebaran bisa ditekan,” ujar Theo.

Selain penyemprotan, upaya lainnya yakni menyediakan hand sanitizer di setiap ruang kerja, lokasi mesin absensi finger print, meningkatkan kebersihan kantor, hingga pembuatan Posko Tanggap Darurat Corona Virus.

“Penyemprotan guna mengantisipasi penularan Virus Corona. Selain langkah antisipasi lainnya yaitu peningkatan sanitasi dan menjaga kebersihan,” ujar Theo.

Pihaknya juga menyediakan alat pengukur suhu tubuh di ruang awal masuk Lapas untuk mengecek tamu yang akan bertemu para warga binaan.

“Tentu ada peningkatan pengawasan kunjungan tamu. Ditambah mereka harus mengikuti protokol kebersihan dan pemeriksaan petugas,” tukas Theo mengakhiri. (Purba).