Warga Desak Pemkab Tobasa Atasi Longsor di Jalan Pardinggaran-Amborgang

Longsor yang menutupi badan Jalan Pardinggaran-Amborgang.

Tobasa, Lintangnews .com | Intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyebabkan sejumlah titik jalan jurusan Pardinggaran-Amborgang, mengalami longsor dan menutup saluran drainase.

Pemkab Tobasa melalui dinas terkait didesak memberikan perhatian untuk melakukan pembersihan tanah longsor yang menutup jalan dan drainase. Ini termasuk pembuatan tembok penahan tanah.

Salah seorang pengguna jalan warga Desa Amborgang, Kecamatan Porsea, S Sitorus menuturkan, akibat tanah longsor mmebuat aktifitas masyarakat menuju Pardinggaran, Kecamatan Bonatua Lunasi menjadi terganggu dan hanya dapat dilalui sepeda motor.

“Jalan itu merupakan satu-satunya akses Amborgang menuju Pardinggaran. Jalan yang sering dilalui anak sekolah dari Desa Amborgang menuju SMA Pardinggaran,” sebutnya, Minggu (3/2/2019).

Selain itu, ada beberapa titik badan jalan yang terkena longsor. Menurutnya, yang ditakutkan saat anak sekolah melintas, terjadi longsor dan badan jalan putus, sehingga bisa mencelakai mereka.

“Kita berharap, semoga saja pihak Pemkab Tobasa secepatnya menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan dan memperbaiki badan jalan yang longsor, sebelum menelan korban nantinya,” kata Sitorus. (asri)