Warga Tambunan Lumbangaol Berharap Jalan Menuju Sunset Beach Diperbaiki

Kondisi jalan yang dipenuhi lubang menuju Pantai Sunset Beach.

Tobasa, Lintangnews.com | Masyarakat Desa Tambunan Lumbangaol, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berharap akses jalan menuju Pantai Sunset Beach Danau Toba yang memiliki pantai indah dan tempat layak menikmati terbenamnya mentari, agar segera diperbaiki sebagai penunjang tujuan wisata.

“Pantai Sunset Beach yang terletak di  Lumban tidak kalah dengan pantai lainnya di Tobasa dan layak sebagai salah satu tujuan wisata pantai unggulan di Danau Toba. Lokasi itu sudah sering dimanfaatkan oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemkab Tobasa untuk pelaksanaan sejumlah event atau kegiatan,” sebut salah seorang warga, S Tambunan, Rabu (28/11/2018).

Seperti baru-baru ini digelarnya acara Hari Kesehatan Nasional oleh Pemkab Tobasa. Namun objek wisataSunset Beach tidak didukung infrastruktur yang memadai. Sebab akses jalan sepanjang lebih kurang 1 kilometer dipenuhi lubang dan apabila turun hujan akan dipenuhi genangan air bak kolam ikan.

“Kami berharap di APBD atau P-APBD Tobasa tahun 2019 nanti akan ada penganggaran pembangunan jalan untuk mempercepat terwujudnya tujuan wisata. Ini agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan kehadiran pengunjung nantinya,” sebut Tambunan.

Terpisah, Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Tobasa, Sikkat Sitompul membenarkan infrastruktur merupakan sarana pendukung tujuan objek wisata untuk meningkatkan pariwisata.

“Pemkab Tobasa melalui Dinas PUPR ingin membenahi seluruh infrasruktur khususnya akses jalan menuju objek wisata. Namun masih ada skala prioritas yang lebih diunggulkan dalam APBD 2019,” kata Sikkat.

Hanya saja menurutnya, pembangunan akses jalan Sunset Beach akan kita diprioritaskan di P-APBD 2019 nanti. Sikkat berharap, semoga itu (jalan) menjadi skala perioritas utama demi percepatan terwujudnya wisata Monaco of Asia. (asri)