WD-Bisa Serahkan Kekurangan Berkas Surat Dukungan Pilkada Simalungun 2020

Pasangan Irjen Pol (Purn) Maruli Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih menyerahan kekurangan surat dukungan pada KPUD Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Pasangan jalur perseorangan atau independen, Irjen Pol (Purn) Maruli Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih (WD-Bisa) mendatanngi kantor KPUD Simalungun, Minggu (26/7/2020).

Kedatangan WD-Bisa untuk menyerahkan sebanyak 6.328 surat dukungan sebagai kelengkapan persyaratan menjadi pasangan calon (paslon) Bupati Simalungun dan Wakil Bupati Simalungun.

Surat dukungan diserahkan secara langsung oleh WD-Bisa dan diterima Ketua KPUD, Raja Ahab Damanik disaksikan Komisioner Bawaslu, M Adil Saragih. Penyampaian kelengkapan kekurangan surat dukungan ini sesuai hasil verifikasi faktual KPUD Simalungun sebelumnya

Diketahui pada verifikasi tahap pertama, WD-Bisa menyerahkan 55.000 surat dukungan. Dari jumlah itu, dinyatakan 45.350 surat dukungan memenuhi syarat atau kekurangan 2.504 dari jumlah minimal persyaratan untuk maju dari jalur peseorangan sebanyak 47.854 surat dukungan terverifikasi.

Sementara Wagner Damanik menuturkan, kekurangan berkas pada tahap pertama hasil verifikasi sebagai momentum bagi kami untuk dapat kembali bertemu secara langsung dengan masyarakat.

Menurutnya, ini menciptakan pertemuan berkelanjutan, dengan tujuan mencapai cita-cita menggalang solidaritas untuk Simalungun yang Unggul.

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan seluruh masyarakat, sehingga kami dapat kembali menyerahkan kekurangan surat dukungan ke KPUD Simalungun,” paparnya.

Wagner menuturkan, melalui sistem door to door, pihaknyamencoba mengenalkan kembali sistem penyelenggaraan demokrasi, melalui jalur peseorangan. Hasilnya, ternyata keingintahuan masyarakat untuk proses dan tahapan penyelenggaraan Pilkada cukup tinggi.

Pria yang menjabat sebagai pengajar di Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) menyampaikan, dukungan dari masyarakat terlihat dari antusiasnya untuk membantu kekurangan berkas pasangan WD-Bisa.

Hasil verifikasi faktual tahap pertama, terdapat 45.350 surat dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat dan kekurangan 2.504 surat dukungan untuk memenuhi persyaratan 47.854 surat dukungan.

“Kekurangan kita sebanyak 2.504 surat dukungan dan untuk melengkapi dikenakan sanksi 2 kali lipat atau 5.008 surat dukungan. Bersyukur dan terima kasih kita kembali dapat bertemu dengan masyarakat dan hasilnya selama 3 hari sudah terkumpul 6.328 surat dukungan,” pungkasnya. (Rel)