World Clean Up Day di Pantai Labu dan 3,5 Ton Sampah Terkumpul

Kegiatan pengumpulan sampah di wilayah Pantai Labu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Pelaksanaan Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah atau World Cleanup Day di laksanakan di seluruh Desa se-Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (18/9/2021).

Sebanyak 3,5 ton sampah dari warga terkumpul pada kegiatan World Clean Up tersebut. Kegiatan ini dipusatkan di kantor Desa Pematang Biara dipimpin Camat Pantai Labu, Rahmad Azahar Siregar didampingi Ketua TP PKK, Nurbaity dan pegawai Kecamatan.

Camat langsung memonitoring kegiatan itu ke seluruh Desa yang masuk wilayah Pantai Labu.Tampak para warga membawa sampah rumahnya ke kantor Desa  masing-masing. Ini dilanjutkan pemilahan sampah oleh pegawai Desa.

Rahmad Azahar mengatakan, Bupati Deli Serdang mengeluarkan surat edaran nomor : 660/3145 tahun 2021 agar kegiatan ini dilaksanakan serentak sampai ke seluruh Desa.

“Karena itu sehari sebelumnya telah kita intruksikan agar semua Desa melakukan kegiatan dimaksud dengan bergotong royong. Alhamdulillah semua Desa mematuhi. Kegiatan ini kita lakukan agar rumah warga di seluruh Desa bisa bersih dari sampah dan sekaligus menjaga kesehatan masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya, sampah dikumpulkan dari pelosok Dusun ke kantor Desa untuk lebih mudah mengangkutnya. Ini juga membantu pihak Dinas Kebersihan di Kecamatan yang mana masih kekurangan armada angkutan sampah.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, sampah dipilah menjadi 2 bagian yakni organik dan anorganik. Sampah organik langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sementara yang anorganik bisa di jual ke pengepul terdekat atau Bank  Sampah yang tentu bisa menghasilkan uang.

“Intinya pelaksanaan ini untuk membebaskan warga dari sampah demi kesehatan. Ini sekaligus memilah sampah mana yang bisa didaur ulang (kompos) atau bernilai ekonomis,” ujar Rahmad.

Lanjutnya, pelaksanaan kegiatan ini juga sesuai dengan program Bupati Deli Serdang yakni Bersih, Rapi, Sejuk, Rindang dan Indah (Berseri).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa (Kades) Pematang Biara, Zulkifli, Sekretaris Desa (Sekdes), para Kepala Urusan (Kaur) dan Kepala Dusun (Kadus). (Idris)