30 Tahun Kamar Mandi SDN 173650 Amborgang Tak Pernah Direhab

Kondisi kamar mandi SD Negeri 173650 di Desa Amborgang, Kecamatan Porsea.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 173650 Desa Amborgang, Kecamatan Porsea, Lasmawati Manurung berharap kepada Pemkab Toba Samosir (Tobasa) agar kamar mandi di sekolahnya segera direhab.

“Sudah 10 tahun saya menjadi Kepsek di SDN173650, namun kamar mandi belum pernah mendapat kucuran dana perehaban,” sebutnya, Jumat (8/3/2019).

Lasmawati menuturkan, kamar mandi yang ada saat ini telah berumur 30 tahun, sehingga tidak layak dan ditumbuhi rumput, berlumut serta pintunya tidak ada lagi.

“Sudah sering kita ajukan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa dan Kecamatan, namun selalu saja tidak ada realisasinya,” terang Lasmawati.

Kamar mandi yang ditumbuhi rumput dan tak layak digunakan.

Menurutnya, ketepatan ada kamar mandi umum di dekat sekolah yang dibangun desa menggunakan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Namun sebelum ada kamar mandi dari PNPM itu, seluruh siswa-siswi apabila ingin buang air secara sembarangan.

Sebagai Kepsek, mewakili guru dan siswa-siswi, dirinya berharap agar Pemkab Tobasa melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat segera membangun kamar mandi untuk kepentingan anak didik.

Terpisah, Sekretaris Disdik, Parlindungan Naipospos mengatakan, kemungkinan rehab pembangunan kamar mandi SDN 173650 diusulkan di P-APBD, sebab anggaran APBD sudah ketok palu.

“Nanti akan kita bahas untuk usulannya di P-APBD tahun 2019,” kata Parlindungan. (asri)