30 Tim Ikuti Liga Pelajar Indonesia Tingkat SMP di Labuhanbatu

124
Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe dan Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu, Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Forkopimda membuka LPI tingkat SMP sederajat.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu, Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe secara resmi membuka Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat SMP tahun 2019 memperebutkan Piala Bergilir Bupati, Jumat (22/11/2019) di Stadion Binaraga Rantauprapat.

Bupati mengatakan, LPI ini setiap tahunnya dilaksanakan dan yang kedua kalinya turnamen itu digelar. Menurut Andi, tujuannya dapat berperan aktif dalam dunia olah raga.

“Saya sampaikan kepada Kepala Sekolah (Kepsek) yang telah mengirimkan timnya mari kita saksikan dan menjaga sportifitas serta memberikan semangat kepada anak didiknya,” harap Andi.

Lanjutnya, olah raga adalah kegiatan positif, dan salah satu mengurangi hal yang tak diinginkan seperti penyalahan penggunaan narkoba, begal dan kenakalan lainnya.

Andi menuturkan, tahun 2020, Kabupaten Labuhanbatu ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olah Raga Pelajar se Sumatera Utara. Menurutnya, ini prestasi buat Labuhanbatu dan sudah lama tidak menjadi tuan rumah.

“Saya inginkan banyaknya atlet-atlet nanti yang akan mendapatkan medali emas pada Pekan Olah Raga Pelajar. Sebagai tuan rumah, kita juga mempersiapkan fasilitas tempat, gedung olah raga. Ini nanti para pelajar dari seluruh Kabupaten/Kota se Sumut nyaman dan tenang di daerah kita. Semoga hasil dari LPI ini lahir atlet berprestasi dan membanggakan Labuhanbatu,” harap Andi.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Labuhanbatu, Ferry Wijaya mengatakan, olah raga itu merupakan kompetisi yang menjunjung tinggi sportifitas dan fair play di lapangan, sekaligus tempat bersilaturrahmi, sehingga keharmonisan, keakraban, serta persaudaraan tetap terjalin dengan baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Pemkab Labuhanbatu, Syahrizal Hasibuan menjelaskan, peserta turnamen LPI tahun 2019 ini terdiri dari 30 tim yang dilaksanakan mulai tanggal 22 November 2019 dan berakhir pada 11 Desember 2019.

Syahrizal menjelaskan, hadiah yang disediakan panitia untuk juara I mendapatkan Piala Bergilir Bupati Labuhanbatu, medali, piagam penghargaan dan uang sebesar Rp 5.000.000. Sementara juara II, III dan IV menerima piala, medali, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Untuk top scorer dan pemain terbaik mendapatkan piala dan uang pembinaan. Sementara yang tidak pernah mendapatkan kartu kuning selama pertandingan berlangsung secara pribadi akan diberikan uang pembinaan dari Bupati.

Pembukaan LPI ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati dan Forkopimda. Dilanjutkanpengguntingan pita balon terbang oleh Ketua Tap PKK.

Mengawali pertandingan mempertemukan antara kesebelasan MTs Nur Ibrahimy melawan kesebelasan MTs Swasta Uswatun Hasanah. Sebagai tendangan kehormatan dilakukan Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis didampingi Plt Kadisporabudpar Labuhanbatu. (Sofyan)