300 Pramuka di Asahan dan Tanjungbalai Ikuti Pelatihan Bencana

Kegiatan pelatihan bencana yang dilaksanakan BPBD Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | Perkemahan yang dilaksanakan dalam rangka pembinaan generasi muda Pramuka Saka Wira Kartika oleh Makodim 0280/ Asahan atas perintah Panglima TNI-AD kepada Makodim seluruh Indonesia.

Pemkab Asahan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui kegiatan itu memberikan pengenalan dalam manajemen penanggulangan bencana kepada para siswa-siswi Pramuka SMA se Kabupaten Asahan dan Kota Tanjungbalai yang dikuti peserta sebanyak 300 orang.

Pelatihan yang disampaikan Satgas Penanggulangan Bencana, Syahrial. Menurutnya, para peserta dikenalkan tahapan dalam menghadapi bencana banjir, gempa dan kebakaran.

“Kita juga mengenalkan teknik dan penggunaan pelatihan kedaruratan dalam menghadapi bencana,” kata Syahrial, Sabtu (10/11/2018).

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan, Khaidir Sinaga mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini sasarannya untuk mengenalkan manajemen penanggulangan bencana sejak dini.

“Kita sudah berinvestasi dalam mengurangi dampak resiko bencana yang mungkin terjadi. Diharapkan mereka (peserta) mampu menularkan pelatihan praktis keselamatan individu ini minimal kepada orang terdekat di sekitarnya,” sebut Khaidir. (handoko)