35 Penyidik Polri Terima Penghargaan FBI dan Salah Satunya Kapolres Tobasa

28
Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo menerima penghargaan dari FBI didampingi Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis.

Tobasa, Lintangnews.com |  Kapolres Toba Samosir (Tobasa), AKBP Agus Waluyo salah seorang dari 35 orang penyidik Polri, untuk  mendapatkan penghargaan dari Federal Bureau of Investigation (FBI) pada Jumat (5/7/2019), bertempat di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Menurut AKBP Agus Waluyo kepada Lintangnews.com melalui telepon seluler, dirinya merupakan salah satu tim penyelidikan dan penyidikan penanganan kapal pesiar Equinimity, yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui FBI.

“Ini merupakan capaian yang gemilang yang dilakukan oleh polri, dapat kita saksikan hari ini, Polri dan FBI, mampu melakukan kolaborasi dalam menangani kasus Equanimity,” sebut Kapolres.

Dimana bentuk kerja sama ini didasarkan pada prinsip kemerdekaan, kesamaan, keuntungan bersama, hak kedaulatan dan integritas teritorial.

Foto bersama 35 Penyidik Polri yang menerima penghargaan dari FBI.

Lanjutnya, semua ini tidak lepas dari arahan Deputi Badan Intelijen Negara (BIN) Irjen Polisi Agung Setya, yang saat itu menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Sehingga kedatangan Pemerintah Amerika Serikat, melalui David dalam menandatangani perpanjangan Letter of Intent (LoI) antara Polri dan Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat tentang kerja sama dalam pengembangan kapasitas serta mencegah dan memerangi kejahatan transnasional.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis menuturkan, pemberian penghargaan ini karena kerja sama yang baik antara Indonesia dan FBI dalam menangani kasus Equanimity dan Wise Honest.

“Saya bangga sekali dengan pencapaian ini. Ini menunjukkan hubungan yang baik, kolaborasi kami (Polri) dengan FBI,” kata Kapolres melansir perkataan Idham Azis. (asri)