Wali Kota Ajak Masyarakat Siantar Wujudkan Nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Wali Kota Hefriansyah saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Siantar, Lintangnews.com | Hari Kesaktian Pancasila adalah memperingati peristiwa Pemberontakan G30 S PKI pada tanggal 30 September 1965, maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari bersejarah untuk mengenang jasa para Pahlawan Revolusi, 6 Jenderal, 1 Kapten dan beberapa orang lainnya menjadi korban.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Siantar dipimpin langsung Wali Kota Hefriansyah di Lapangan Adam Malik, Senin (1/10/2018). Seperti diketahui kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya untuk memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta sebagai wujud pengingat dan ucapan syukur atas perjuangan Pahlawan merebut kemerdekaan bangsa, pembacaan naskah Pancasila oleh Wali Kota diikuti peserta upacara antara lain, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, siswa-siswi SMP SMA dan mahasiswa, organisasi pemuda.

“Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilal-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ucap Ketua DPRD Marulitua Hutapea, saat membacakan ikrar dan membubuhkan tanda tangan.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dihadiri Wakil Wali Kota Togar Sitorus , Kapolres AKBP Dodi hermawan, Danrem 022 /Pantai Timur, Dandim 0207/Simalungun, perwakilan Forkopimda, Sekda Budi Utari Siregar, para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemko Siantar.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk memaknai bagaimana Founding Father mendirikan bangsa ini dengan Kebhinekaannya.

“Melalui kebhinekaan dan keberagaman yang kita punya, harus menuju satu tujuan menjadi bangsa yang berdiri sendiri dan berkarya besar, serta tidak mudah terkontaminasi pengaruh dari luar,” harapan Wali Kota usai upacara.

Hefriansyah mengajak seluruh masyarakat Siantar untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

“Ideologi Pancasila adalah yang utama dan menjadi pegangan hidup bangsa, terutama dalam menjaga semangat membangun Kota Siantar agar semakin mantap, maju dan jaya,” ucapnya.

Sebelum mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Tugu Letda Sujono Perkebunan PTPN III, Kebun Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Wali Kota dalam kesempatan itu menyerahkan Surat Keputusan (SK) pensiun kepada 5 orang ASN Pemko Siantar. (elisbet)