5 Hari Operasi Kancil Toba, 41 Bandit di Sumut Ditangkap

Kabid Humas Poldasu, Kombes Hadi Wahyudi.

Medan, Lintangnews.com | Polda Sumatera Utara (Poldasu) menggelar Operasi Kancil Toba Tahun 2021, puluhan bandit atau penjahat pun telah ditangkap dalam 5 hari operasi ini.

Operasi Kancil Toba merupakan penindakan terhadap kejahatan pencurian dan penadahan kendaraan bermotor di wilayah Sumut. Operasi ini digelar sejak tanggal 22 hingga 26 Oktober 2021 sebanyak 41 orang menjadi tersangka dari total 34 kasus yang diungkap.

“Sebanyak 41 orang tersangka dan 34 kasus,” kata Kabid Humas Poldasu, Kombes Hadi Wahyudi, kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Kombes Hadi menyebutkan, dalam penanganannya Operasi Kancil 2021 ini dibagi menjadi 2 bagian yakni untuk daerah prioritas dan daerah imbangan. Sejauh ini, Polrestabes Medan terbanyak mengungkap kasus sebanyak 9 kasus dan 12 orang tersangka. Lalu, Polresta Deli Serdang sebanyak 7 kasus dengan 10 orang tersangka.

“Modus operandi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terbesar adalah melakukan pencurian dengan menggunakan kunci palsu (79,5 persen),” ucap Kombes Hadi.

Menurut Kombes Hadi, mudahnya para pelaku aksi curanmor melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor karena kurangnya kewaspadaan para korban saat memarkirkan kendaraannya. Pengendera, kata dia, hanya mengandalkan kunci sepeda motor manual tanpa menggunakan kunci ganda.

“Jenis kendaraan yang menjadi sasaran pencurian didominasi roda 2 (96 persen), hal ini dapat disebabkan sepeda motor hasil curian tidak memerlukan tempat penyimpanan sementara dan tak mencurigakan masyarakat sekitar. Selain itu, mudah bagi para pelaku curanmor menjual sepeda motor hasil curian pada penadah dengan harga miring atau pun ke penjual onderdil bekas,” imbuhnya. (Muhardi/Humas Poldasu)